Kastara.ID, Jakarta – Tuya Smart (NYSE: TUYA, HKEX: 2391), penyedia layanan platform pengembangan IoT berskala global, hari ini menjalin kemitraan strategis trilateral dengan T3 Technology, penyedia solusi telekomunikasi yang terkemuka di Asia Tenggara, serta Skyworth Digital, penyedia solusi rumah digital. Ketiga pihak ini ingin mengembangkan aplikasi produk dan solusi smart home di pasar Asia Tenggara. Ketiga pihak ini juga akan mengembangkan ekosistem smart home berskala global dan berpusat pada jaringan. Ekosistem ini dijuluki “Own the Household”, serta dikembangkan dengan teknologi IoT Tuya, profil merek T3 Technology, serta kanal operator telekomunikasi Skyworth Digital.

T3 Technology adalah vendor ternama yang menyediakan produk terminal komunikasi di Thailand. Berpengalaman mewujudkan pertumbuhan pesat, T3 Technology memasok peralatan komunikasi, serta produk dan solusi smart home bagi keluarga di Thailand. T3 Technology juga menjadi perusahaan pertama yang menawarkan  Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 7 di Thailand. Pada periode 2018 dan 2022, T3 Technology menguasai pangsa pasar terbesar pada segmen layanan B2B broadband di Thailand. Lebih lagi, merek T3 Smart melayani lebih dari 1,5 juta rumah dan enam juta pengguna.

Sementara Skyworth Digital menyediakan solusi rumah digital yang lengkap dan akurat bagi pengguna global. Demi menciptakan kehidupan digital dengan ultra-high definition dan interkoneksi pintar, Skyworth Digital aktif memperluas skala pasar dan meningkatkan keunggulan platform terminal “multi-intelligent” sekaligus mengeksplorasi pasar global dan merambah sektor smart homesmart healthcare, serta smart city, dan lain sebagainya.

Lewat kemitraan ini, ketiga perusahaan akan menciptakan ekosistem smart home global yang aman dan efektif.

Mengandalkan kapabilitas platform pengembang PaaS 2.0 dari Tuya, T3 Technology dapat mengembangkan produk smart home yang lebih individual dan unik pada berbagai jenis kategori, termasuk alat rumah tangga, lampu, keamanan, sensor, dan layanan kelistrikan. T3 Technology juga dapat mengembangkan T3 Smart App secara lebih cepat berdasarkan layanan Tuya App SDK sehingga mempermudah pengendalian perangkat smart home. Hal ini memfasilitasi ketiga perusahaan tersebut untuk membangun solusi “Own the Household”

“Own the Household”, berdasarkan konektivitas jaringan, memberikan akses bagi pihak operator atas sistem manajemen smart home secara visual dan lengkap. Sistem ini membantu pengguna akhir merealisasikan interaksi in-app dan multi-scene mode control sehingga meningkatkan pengalaman mereka dengan smart home. Dengan ekosistem IoT dan kanal global Tuya, ketiga perusahaan akan terus membangun ekosistem smart home di pasar Asia Tenggara, serta berekspansi secara global. Tuya juga akan memakai Cube Solution guna membantu T3 Technology dan Skyworth Digital membangun platform cloud yang eksklusif dan terpadu.

“Kemitraan ini menjadi pencapaian baru dalam integrasi ekosistem IoT dan industri telekomunikasi. Tren smartization baru-baru ini berkembang sebagai motor penggerak di balik pembangunan hijau (green development) dan transformasi bisnis yang dijalankan perusahaan internasional. Maka, ketiga pihak ini akan terus menghadirkan vitalitas di segmen pasar smart home global, serta bekerja sama meningkatkan ekosistem smart home global bagi basis pengguna rumahan dalam jumlah signifikan. Ekosistem ini dikembangkan dengan Tuya IoT Development Platform, keunggulan merek T3 Technology, serta sumber daya kanal Skyworth Digital,” ujar Ross Luo, General Manager, Asia Pacific Region, Tuya Smart.

“T3 Technology selalu memprioritaskan pelanggan. Hal ini juga menjadi alasan utama di balik kemitraan yang terjalin dengan Tuya dan Skyworth Digital. Setelah kerja sama dengan Tuya memasuki tahun ketiga, kami semakin optimis bahwa kemitraan dengan Tuya dan Skyworth Digital akan membantu T3 Smart menjangkau semakin banyak rumah, memperluas penggunaan IoT di Asia Tenggara dan dunia, serta menciptakan sebuah jaringan yang terdiri atas ekosistem smart home dengan berbagai jenis produk dan skenario pintar,” jelas Leo Yu, CEO, T3 Technology.

“Kami gembira menawarkan produk dan layanan pintar yang reliabel dan bertaraf premium bagi konsumen di Thailand dan Asia Tenggara. Setelah semakin banyak peralatan smart home yang tersedia bagi berbagai keluarga di pasar lokal, hubungan tiga arah ini akan memperkuat daya saing masing-masing perusahaan, serta meningkatkan kapabilitas produk dan layanan pelanggan kami dari kalangan operator. Di sisi lain, kami akan berkolaborasi dengan Tuya dan T3 Technology untuk menawarkan produk dan layanan IoT premium kepada berbagai klien operator di seluruh dunia,” kata Daniel Xu, General ManagerOverseas Access Network Division, Skyworth.

Tuya juga membantu Skyworth Digital meluncurkan smart router yang menggunakan Zigbee gateway untuk mempermudah prosedur distribusi jaringan pada peralatan IoT.

Kemitraan trilateral ini tak hanya mempererat kolaborasi yang terjalin sebelumnya, namun juga berpotensi menghadirkan terobosan di segmen pasar smart home global. Segmen pasar ini mengandalkan kanal operator lokal guna mempercepat implementasi dan mempromosikan produk smart home sekaligus membangun ekosistem smart home. Tuya akan terus mengandalkan teknologi inti dan keunggulan ekosistemnya agar pelanggan global dapat merealisasikan transformasi dan meningkatkan mutu berbagai industri, menyediakan dukungan teknis bagi bisnis pelanggan di luar negeri, dan mempromosikan perkembangan teknologi pintar di pasar global. (rfr)