Gunung Sinnabung

Kastara.ID, Jakarta – Sempat terjadi erupsi pada Ahad (9/6) kemarin, status Gunung Sinabung kembali naik menjadi  level III (siaga) pada Senin, (10/6). Dari pantauan PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM, erupsi Gunung Sinabung kemarin memiliki letusan dengan tinggi kolom 7000 m dari puncak.

Teramati awan panas letusan dengan jarak luncur 3500 m mengarah ke timur, tenggara dan selatan. Masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi dan lokasi di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan–Timur dan 4 km untuk sektor Utara-Timur.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah, mengamankan sarana air bersih, dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” tulis rilis PVMBG, Senin (10/6).

Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat. (rya)