Korea Selatan

Kastara.id, Jakarta – Menteri LHK Siti Nurbaya menerima kunjungan Menteri Forest Service Korea Kim Jaehyun di Kantor Kementerian LHK Jakarta. Kunjungan ini adalah pertemuan bilateral ke-23 Komite Kerjasama Bidang Kehutanan Indonesia-Korea (The 23rd Meeting of Indonesia-Korea Forest Cooperative Commitee).

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa agenda terkait perhutanan sosial, hutan rekreasi dan ekowisata, pengelolaan lahan gambut, konservasi bibit, dan investasi kehutanan.

Indonesia dan Korea telah lama menjalin kerja sama. Pada bidang rekreasi hutan dan ekowisata tercatat kerja sama pada 2013 pembangunan Sentul Eco Edu Tourism Forest. Lalu pada 2018 membangun Tunak Recreation Center di Taman Wisata Alam Gunung Tunak dan membangun Rumah Korea di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

“Saya sangat mengapresiasi progres, kontribusi, dan improvement yang sudah kita lakukan bersama di bidang Kehutanan, seperti improvement pada pengolahan biomasa menjadi wood pellet di Jawa Tengah, Recreation service di TWA Gunung Tunak, dan pembangunan Sentul Eco Edu Tourism Forest,” ujar Siti.

Sementara itu Menteri Forest Service Korea Kim Jaehyun menyatakan bahwa kerja sama Korea dengan Indonesia adalah penting karenanya harus dipertahankan. “Ibarat pohon saya ingin menumbuhkan persaudaraan dan rasa kebersamaan antar kedua negara sebagai pupuk untuk memperkuat kerjasama kedepannya,” ujar Kim.

Kim menegaskan harapannya agar ke depannya kedua negara bisa bekerjasama lebih banyak lagi terutama di bidang pendidikan/research dan rekreasi kehutanan.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Duta Besar Korea untuk Indonesia Kim Chang-beom. Dalam pertemuan ini Siti Nurbaya juga mengapresiasi kemajuan positif yang terjadi di Semenanjung Korea.

“Indonesia percaya bahwa perdamaian di Semenanjung Korea antara Korea Selatan dan Korea Utara akan sangat berkontribusi pada ekosistem dan perdamaian regional dan global,” pungkas Siti.

Usai dari Kementerian LHK, Menteri Kim dan rombongan melakukan peninjauan ke Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk di Jakarta Utara. (lana)