Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 34 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional Tahun 2019 yang berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 7-13 Juli 2019.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, para pelajar SMK tersebut akan didampingi oleh 31 pembimbing, baik kepala sekolah maupun dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

“Kontingen dari DKI akan mengikuti 31 bidang yang akan dilombakan pada LKS Tingkat Naisonal ke-27 ini,” ujarnya, Rabu (10/7).

Ratiyono menjelaskan, peserta berasal dari masing-masing Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 dan 2 di lima kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu yang sudah diseleksi berjenjang mulai dari tingkat wilayah hingga provinsi.

“Setelah lolos seleksi di tingkat provinsi, mereka mengikuti pemusatan latihan supaya ketika lomba di tingkat nasional bisa memenuhi standar dan mampu meraih prestasi terbaik. Mayoritas peserta adalah kelas XII karena di samping lomba juga ada proses sertifikasi kompetensi dari BNSP,” ujarnya.

Ia menambahkan, Provinsi DKI Jakarta telah menorehkan prestasi gemilang selama bergulirnya LKS Tingkat Nasional. DKI Jakarta sudah delapan kali memperoleh prestasi Juara Umum, bahkan sempat berturut-turut di tahun 2013, 2014, 2015 sehingga piala bergilir menjadi milik DKI Jakarta.

“Tahun 2018 LKS ke-26 di Mataram NTB, DKI Juara Umum. Pada LKS ke-27 di Yogyakarta ini kami bertekad mempertahankan gelar Juara Umum,” tandasnya. (hop)