Disinfektan

Kastara.ID, Jakarta – Pasar Sunter Podomoro, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, disemprot cairan disinfektan. Setelahnya, operasional pasar dibekukan sementara hingga Ahad (12/7) mendatang.

Sekretaris Kecamatan Tanjung Priok Raviandri mengatakan, selama setop operasi tiga hari seluruh area pasar akan disterilisasi dengan cairan disinfektan.

“Setelah sterilisasi selesai pasar akan dioperasikan kembali dan penerapan mencuci tangan. menggunakan masker serta menjaga jarak akan diperkettat,” ucapnya, Jumat (10/7).

Setelah dioperasikan kembali nanti, lanjut Raviandri, petugas gabungan mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan, Perumda Pasar Jaya, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan unsur masyarakat akan mengawasi jalannya aktivitas pasar guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

Manajer Area 13 Perumda Pasar Jaya, Dicky Fajar Siddik menambahkan, seluruh pedagang sudah disosialisasikan agar meniadakan aktivitas perdagangan selama tiga hari ke depan.

“Teknisnya hari ini dilakukan pembersihan dahulu oleh petugas gabungan baru penyemprotan hingga besok. Seluruh pedagang memahami dan tidak melakukan aktivitas jual-beli,” terangnya.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka menjelaskan, sosialisasi penutupan operasional juga sudah disosialisasikan kepada 20 pengurus Rukun Warga (RW). Dengan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat memahami upaya mengantisipasi penyebaran COVID .

“Dengan sudah disosialisasikan, mereka jadi paham dan bisa mencari lokasi pasar alternatif untuk memenuhi kebutuhan,” tandasnya. (hop)