Asian Games 2018
Kastara.id, Jakarta – Lima puluh Penghargaan baik di bidang musik dan sinematografi, telah diraih Tulus dalam rentang 6 tahun perjalanan musiknya. Tulus mengusung bendera independensi, TulusCompany, perusahaan yang dibangun bersama kakak kandungnya, Riri Muktamar.
Pria kelahiran di Bukittinggi, Sumatera Barat ini, menyandang gelar sarjana di bidang arsitektur, namun kecintaan terhadap musik seakan membuatnya bergeming. Dibesarkan dalam keluarga yang bukan musisi, namun kesukaannya terhadap keindahan nada telah ada sejak belia.
Album pertama Tulus yang dirilis pada akhir tahun 2011, mendapat tanggapan sangat baik dan respons positif dari penikmat musik tanah air. Simak saja Tanggal Merah, Satu Hari di Bulan Juni, Bumerang, Gajah, dan beberapa lainnya merupakan karya-karyanya dalam album keduanya yang berjudul “Gajah”.
Pada November 2016, Tulus kembali merilis musik video ketiga dari album ketiganya bertajuk “Monokrom”. Video ini mewakili tema besar dari album Monokrom, yaitu sebuah perwujudan selebrasi kehidupan.
Tulus juga berkolaborasi dengan berbagai profesi di luar industri musik seperti membuat video klip, video dokumentasi, dan art performance untuk video klip. Davi Linggar, Melati Suryodharmo, dan Papermon Puppet Theatre adalah tiga nama yang telah berkolaborasi dengan Tulus.
Tahun ini dirinya ikut ambil bagian pada pembukaan Asian Games 2018. Kehadiran Tulus tentunya akan menambah meriah peristiwa bersejarah ini. Tulus bersama artis lainnya seperti Raisa, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, Anggun, Via Vallen, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Rossa, Joey Alexander, Wizzy, Maruli Tampubolon, Rinni Wulandari, Sheryl Sheinafia, dan Kamasean akan tampil di atas sebuah panggung yang spektakuler pada pembukaan Asian Games 2018 sekaligus merupakan salah satu panggung yang terbesar dan tertinggi.
Panggung dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter tersebut bernuansa pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi ribuan jenis flora ciri khas Indonesia nan cantik.
Pembukaan Asian Games 2018 merupakan momen perhelatan bersejarah bangsa ini. Bahkan menjadi sebuah pengalaman yang mungkin hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup. Dengan suguhan kolosal yang mahadahsyat ini, masyarakat Indonesia dapat menyaksikannya secara langsung dengan membeli tiket pembukaan dan pertandingan sesegera mungkin melalui saluran resmi penjualan tiket yakni di website Asiangames2018.id/tickets/, kiosTix.com, atau di Pop-store Asian Games 2018 yang terdapat di mal-mal. (put)