Balkot

Kastara.ID, Jakarta – Politisi Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, partainya mendukung penuh posisi Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta diisi oleh kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Itulah sebabnya Partai Gerindra menurut Andre mendesak PKS melakukan komunikasi dengan partai politik lainnya agar kekosongan posisi Wagub DKI Jakarta segera terisi.

Andre menambahkan, permasalahan yang selama ini terjadi adalah tidak kunjungnya kuorum dalam pembahasan tata tertib. Padahal menurut mantan juru bicara pasangan Prabowo-Sandiaga ini tiga wakil Partai Gerindra selalu hadir dalam pembahasan tersebut.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mempercepat proses pemilihan wagub. Menurut Anies, proses administrasi untuk pemilihan wagub DKI Jakarta sudah dilaksanakan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut semua tahapan sudah dilakukan. Dua partai pengusung sudah mengajukan nama dan gubernur sudah mengirimkan surat kepada DPRD. Panitia khusus (pansus) pun sudah dibentuk. Sehingga proses pemilihan wagub 100 persen berada di tangan DPRD.

Anies mengingatkan, sudah satu tahun kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta kosong sejak ditinggal Sandiaga Uno yang maju sebagai calon Wakil Presiden pada Pilpres 2019. (rya)