Kader Dasawisma

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 62 kader Dasawisma di Kabupaten Kepulauan Seribu, Senin (10/8), menerima honor operasional yang disalurkan dalam bentuk kartu  ATM dan buku tabungan Bank DKI.

Pembagian kartu ATM dan buku tabungan ini dilakukan secara simbolis oleh Kasie Pemberdayaan Masyarakat , Perlindungan, Perempuan dan Anak Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kepulauan Seribu, Satori di kantor Kabupaten Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka Kepulauan Seribu Utara.

Menurut Satori, 62 kader Dasawisma yang mendapat kartu ATM dan buku tabungan ini tersebar di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara sebanyak 24 orang dan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan 38 kader.

“Itu untuk pengambilan honor setiap bulannya, setelah menjalankan tugas di wilayah,” ujar Satori.

Menurutnya, setiap kader dasawisma akan menerima honor setiap bulannya sebesar Rp 500 ribu yang langsung di transfer dan bisa diambil melalui mesin ATM.

“Ada tiga tugas pokok kader Dasawisama, yaitu program pendataan, menggerakan masyarakat, dan memberikan penyuluhan,” terang Satori.

Selain itu, kader Dasawisma juga aktif mensosialisasikan dan menggerakkan masyarakat dalam program pembangunan di Kepulauan Seribu dan program Keluarga Berencana, serta sosialisasi gerakan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun (3M) untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

“Kader Dasawisma diharapkan bisa berperan aktif dan menjadi contoh bagi warga di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya. (hop)