Banjir

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk siaga banjir karena saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Ini menjadi perhatian kita, warga yang tinggal di bantaran sungai itu jelas jadi perhatian kita. Maka dari itu, masyarakat dimintai siaga,” kata Riza dalam keterangannya, Jumat (10/9).

Riza kemudian menjelaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menggelar rapat perihal penanganan banjir.

Ia mengungkap, pihaknya akan mengupayakan sumber daya yang dimiliki guna mengantisipasi terjadinya banjir di ibukota.

“Seluruh sumber daya akan diupayakan semaksimal mungkin namun yang terpenting itu adalah kesiapan dari masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terkait dengan potensi bencana hidrometeorologi disusul dengan prediksi musim hujan yang datang lebih awal.

Dalam prediksi tersebut, sejumlah wilayah di Indonesia dikabarkan akan mengalami hujan yang lebih lebat dibandingkan biasanya. Seperti di daerah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau (bagian selatan).

Selanjutnya Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, Maluku Utara, Pulau Seram hingga Papua di bagian selatan. (hop)