Jenis BBM

Kastara.id, Jakarta – PT Pertamina (Persero) optimis bahwa semakin banyak masyarakat di Sumatera Barat (Sumbar) menggunakan produk-produk bahan bakar khusus (BBK) atau non subsidi seperti Pertalite, Pertamax dan Dexlite karena peduli dengan mesin kendaraan dan lingkungannya.

Area Manager Communication & Relations Pertamina Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Rudi Ariffianto mengatakan bahwa Pertamina terus berupaya mensosialisasikan penggunaan produk BBM non subsidi yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan kepada masyarakat.

“Sebagai bentuk kepatuhan terhadap regulasi khususnya terkait emisi kendaraan di Indonesia, Pertamina terus berupaya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan saat ini,” kata Rudi dalam keterangan resmi Pertamina, Selasa (10/10).

Menurutnya, sebagai lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan, PT Pertamina (Persero) MOR I Branch Sumatera Barat mencatat penyaluran BBM jenis Pertalite sebanyak 32 ribu kiloliter di Sumatera Barat pada September 2017 atau meningkat sebanyak 35 persen dibanding awal tahun 2017 sebesar 23 ribu kiloliter.

Dijelaskannya, jumlah tersebut lebih besar daripada produk Premium di bulan September 2017 yaitu sebesar 25 ribu kiloliter. Sedangkan untuk produk Pertamax, Pertamina mencatat kenaikan sebesar 62 persen dari 3.900 kiloliter di Januari 2017 menjadi 6.300 kiloliter pada September 2017.

Untuk produk BBM diesel yaitu Dexlite, Pertamina mencatat kenaikan sebesar 163 persen dari sebelumnya di Januari 2017 sebesar 166 kiloliter menjadi 436 kiloliter pada September 2017. (mar)