Alquran Jadi Benteng Utama Bagi Siswa di Kota Depok

Kadisdik Kota Depok M Thamrin
Kadisdik Kota Depok M Thamrin. (Foto: Rudi Irwanto/Kastara.ID)

Kastara.id, Depok – Pelajaran agama merupakan nilai-nilai religi yang menjadi benteng bagi siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di wilayah Kota Depok. Rencana tersebut akan mulai dijalankan di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Depok pada bulan Januari tahun 2019.

Sementara bagi Sekolah Dasar Negeri (SDN), pelajaran agama nantinya disederhanakan, terutama dalam membaca Alquran. Sehingga pada prinsipnya siswa SDN ketika lulus sudah bisa membaca Alquran.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok M. Thamrin, untuk pelajaran membaca Alquran akan menjadi benteng norma-norma bagi siswa di sekolah.

“Nanti orang tua murid dalam menitipkan anak sekolah di SMPN maupun di SDN tidak akan was-was, karena setiap anak didiknya sudah bisa membaca Alquran ketika lulus sekolah dan akan diberikan semacam sertifikat. Itu benteng utama kita,” ujar Kadisdik.

Baca Juga:  Kegamangan Kaum Nasionalis Menghadapi Kaum Radikal

“Dalam mempelajari membaca Alquran di sekolah, kita bisa mengambil guru-guru agama karena nanti akan disesuaikan dengan keuangan daerah, kita butuh berapa guru agama,” papar Thamrin.

Menurutnya, nantinya akan dilakukan penyeragaman mengenai pelajaran agama, khususnya dalam membaca Alquran. “Saya sudah siapkan modul-modul dalam menunjang pelajarannya di sekolah,” pungkas Thamrin. (rud)