Kondisi TPA Cipayung Semakin Jauh dari Memadai

Ardan
Ardan, Kepala UPT TPA Cipayung, Kota Depok, mendampingi warga yang memeriksakan kesehatannya secara rutin. (Foto: Rudi Irwanto/Kastara.ID)

Kastara.id, Depok – Masyarakat yang berada di sekitar lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, tiap hari Rabu melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini tidak dipungut bayaran sepeser pun alias gratis.

“Lokasi TPA ini berdekatan dengan rumah masyarakat yang ada di sekelilingnya. Jadi ini bukti nyata komitmen kita untuk menjaga kesehatan bagi warga di sekitar,” ujar Ardan, Kepala Unit Pelaksaan Teknis (UPT) di TPA Cipayung, Depok.

“Kebanyakan yang berobat di lokasi TPA ini adalah warga yang berusia lanjut 50 tahun ke atas,” ungkap Ipah, 60 tahun, warga Cipayung yang saat ditemui sedang berobat bersama warga lainnya.

Ardan pun menambahkan, “Biasanya warga yang datang berobat hingga 30 orang dalam sehari“.

Baca Juga:  Korpri Kota Depok Berbagi dengan Anak Yatim di Pasir Putih

Menurut Ardan, kondisi TPA Cipayung bisa disebut sudah semakin jauh dari memadai untuk menampung produksi sampah dari warga Kota Depok yang terus meningkat setiap tahunnya. Luas keseluruhan berikut kantor halaman parkir dan taman di TPA Cipayung yang hanya 10 hektar tak lagi memadai.

Setiap hari TPA Cipayung ini menampung 800 ton sampah dari penjuru Kota Depok. Angka tersebut mengalami kenaikan hingga 100 ton di tahun 2018. Sehingga dipastikan TPA Cipayung sudah tidak bisa lagi menampung sampah di lokasi yang sudah melebihi kapasitasnya. (rud)