Beranda Headline Berita Memulihkan 1.000 Hektare Habitat Anggrek Hitam Paska Karhutla

Memulihkan 1.000 Hektare Habitat Anggrek Hitam Paska Karhutla

Kastara.ID, Jakarta – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur berencana memulihkan habitat Anggrek Hitam paska kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Habitat Anggrek Hitam yang musnah akibat karhutla mencapai 1.000 hektare.

Kepala BKSDA Kaltim Sunandar menjelaskan bahwa karhutla memusnahkan sekitar 1.000 hektare habitat Anggrek Hitam di kawasan Cagar Alam Kersik Luway, Kutai Barat, kemarin (9/10). Luasan tersebut akumulasi dari karhutla tahun 2014 dan 2019. Diketahui, Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) merupakan spesies endemik (spesies yang hanya ditemukan pada lokasi tersebut) pulau Kalimantan yang dilindungi.

Sunandar menambahkan, kondisi habitat Anggrek Hitam pasca karhutla sangat memprihatinkan. Program pemulihan ekosistem ini melibatkan pemerintah daerah dan beberapa pihak terkait lainnya. (yan)

- Advertisement -

TERBARU

Kisah Penciptaan

Oleh: Jaya Suprana DI dunia terdapat berbagai kelompok masyarakat yang masing-masing memiliki latar belakang peradaban dan kebudayaan saling beda satu dengan lain-lainnya. Namun pada hakikatnya...