Beranda Headline Berita Mengenang Gitaris Legendaris Eddie Van Halen

Mengenang Gitaris Legendaris Eddie Van Halen

Kastara.ID, Jakarta – Eddie Van Halen, gitaris legendaris Van Halen dan ikon rock serta komposer dari beberapa soundtrack film box office Hollywood telah meninggal dunia. Musisi tersebut meninggal dunia pada usia 65 tahun setelah berjuang keras melawan kanker tenggorokan. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh putranya, Wolfgang Van Halen, di Twitter.

Eddie Van Halen telah berjuang melawan kanker selama lebih dari satu dekade. Dia telah menerima perawatan selama bertahun-tahun. Namun kondisinya semakin memburuk selama setahun terakhir. Dia meninggal di Rumah Sakit St. Johns di California dengan istrinya, Janie Liszewski, dilaporkan di sisinya.

Lahir pada tahun 1955, Eddie Van Halen dianggap sebagai salah satu pemain gitar terhebat sepanjang masa. Dia awalnya membentuk band rock klasik pada tahun 1972 sebelum mengubah nama menjadi Van Halen, yang kemudian menjadi salah satu band rock paling berprestasi dalam sejarah.

Formasi asli band ini terdiri dari saudara laki-laki Eddie, drummer Alex Van Halen, vokalis David Lee Roth dan bassis Michael Anthony. Formasi berubah selama bertahun-tahun, dengan Wolfgang Van Halen akhirnya menjadi pemain bass. Sammy Hagar juga menggantikan Roth sebagai penyanyi yang dimulai pada tahun 1985.

Di luar Van Halen, Eddie memiliki karier yang cukup sukses. Eddie Van Halen terkenal memainkan solo gitar di Beat It di album Thriller milik Michael Jackson. Single tersebut adalah salah satu hit terbesar Jackson dan Thriller tetap menjadi album dengan penjualan tertinggi sepanjang masa. Musik karyanya juga telah ditampilkan di soundtrack lebih dari 100 film dan acara TV selama bertahun-tahun termasuk Twister, Ready Player One dan Freaks and Geeks.

Dia juga membuat score untuk film The Wild Life, yang merupakan sekuel tidak resmi dari Fast Times di Ridgemont High. Dia juga berkontribusi dengan bermain gitar dan vokal di album solo gitaris Queen, Brian May, Star Fleet Project.

Beberapa lagu hit terbesar Van Halen termasuk Jump, Panama, Hot for Teacher, dan Runnin ‘With the Devil. Band ini telah menjual lebih dari 80 juta album di seluruh dunia, menjadikannya salah satu band/artis terlaris dalam sejarah. Adapun Eddie, kemampuan bermain gitarnya yang legendaris diakui oleh para koleganya dan terutama oleh para penggemar dan ia berada di urutan nomor satu dalam polling pembaca Guitar World dari The 100 Greatest Guitarists of All Time, yang dirilis pada 2012.

RIP, Eddie Van Halen. (put)

- Advertisement -

TERBARU

Kim Jong Un Eksekusi Pedagang Valas Pasca Anjloknya Mata Uang Korut

Kastara.ID, Jakarta - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan telah mengeksekusi pedagang valuta asing (valas). Alasannya, mata uang Won Korea Utara anjlok terhadap...