Merpati Putih

Kastara.ID, Depok – Ahad (10/11), PPS Betako Merpati Putih Cabang Depok menggelar pengangkatan anggota kehormatan untuk Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna. Keduanya berhak untuk menyandang Anggota Kehormatan.

Acara ini juga diikuti Pewaris PPS Betako Merpati Putih Amos Tri Nugroho, Ketua PPS Betako Merpati Putih Pengda Jawa Barat Yuwono Darpito, Pembina PPS Betako Merpati Putih Pengda Jawa Barat Abdul Haris yang juga Anggota DPR MPR RI.

Mohammad Idris dan Pradi Supriatna di lingkungan Merpati Putih didaulat dengan panggilan Mas Idris dan Mas Pradi. Bahkan Mohammad Idris mengaku bahwa dirinya juga merupakan bagian dari keluarga Merpati Putih.

Menurut Pewaris PPS Betako Merpati Putih Amos Tri Nugroho, hari ini bersamaan dengan Hari Pahlawan pada 10 November. Sebagai bangsa yang besar kita harus mengenang dan menghormati perjuangan pahlawan karena dengan perjuangannyalah kita semua bisa merdeka dan menghirup udara kebebasan. Kembali kita menengok perjuangan pahlawan kita baik sebelum revolusi fisik dan saat merebut kemerdekaan RI, tak lepas dari perjuangan para pendekar silat yang rela mengorbankan nyawa untuk negara tercinta.

Amos juga menjelaskan sejarah singkat Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong (BETAKO) adalah beladiri asli budaya bangsa Indonesia yang berasal dari Keraton Mataram di Kartosuro, kemudian diturunkan oleh Sang Guru Saring Hadi Purnomo kepada kedua putranya, yaitu Poerwoto Hadi Purnomo dan Budi Santoso Hadi Purnomo (Alm) dan secara resmi berdiri pada 2 April 1963 di Yogyakarta. Sedangkan arti Merpati Putih yaitu Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang artinya mencari sampai mendapatkan tindakan yang benar dengan ketenangan.

“Kami sangat senang dan bangga bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok, khususnya Bapak Wali Kota Depok beserta jajarannya yang peduli dengan budaya bangsa, khususnya pencak silat Merpati Putih sebagai aset bangsa yang perlu dilestarikan di lingkungan Balai Kota Depok. Semoga sinergi ini bisa berjalan dengan baik sehingga akan lahir bibit baru dari pencak silat, khususnya Merpati Putih di Kota Depok dan juga turut menyehatkan untuk karyawan Balai Kota Depok,” jelas Yuwono.

Hal senada di sampaikan Ketua PPS Betako Merpati Putih M Andri bahwa hari ini adalah hari bersejarah bagi Keluarga Besar Merpati Putih, khususnya Cabang Depok dan menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Wali Kota Depok dan semua jajaran yang telah menjadi keluarga besar PPS Betako Merpati Putih. “Semoga kita semua dapat bekerja sama untuk melestarikan budaya bangsa, khususnya pencak silat sehingga lahir bibit atlet yang bisa berprestasi mengharumkan nama Kota Depok,” pungkasnya. (dwi)