Daftar Pemilih Tetap

Kastara.ID, Depok – Setelah tertunda beberapa waktu yang lalu, akhirnya KPU Kota Depok dapat menggelar Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) yang berlangsung di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Senin (10/12). Kesempatan tersebut juga dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Bawaslu, Kesbangpol, Disdukcapil, Partai Politik, PPK, dan Panwascam se-Kota Depok.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok Linda Ratnanurdianny yang mewakili Wali Kota Depok mengemukakan bahwa kita harus tetap menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan pemilu 17 April 2019 yang akan datang.

Sedangkan Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna mengungkapkan bahwa kegiatan hari ini adalah tindak lanjut dari kegiatan yang sama pada 13 November 2018 lalu. Sejak saat itu hingga hari ini kurang lebih 27 hari, tim baik dari tingkat PPS, PPK sampai dengan KPU terus berupaya semaksimal mungkin, agar kegiatan hari ini dapat berjalan dengan lancar.

“Data pemilih merupakan instrumen yang penting dalam penyelenggaraan pemilu. Karenanya kami berupaya semaksimal mungkin, walau di tengah perjalanan banyak tim kami baik dari PPS/PPK bahkan KPU bertumbangan sakit demi data pemilih yang optimal di Kota Depok,” papar Nana.

Untuk itu Nana menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Ketua PPS/PPK, termasuk para Operator Data Pemilih (ODP) yang telah berjuang keras tanpa mengenal lelah demi suksesnya Pemilu 2019.

Dari catatannya, Nana menuturkan bahwa terdapat peningkatan 1,8 % pemilih dari DPTHP 1 kepada DPTHP 2. DPTHP 1 jumlah pemilih 1.286.160 pemilih, kemudian ditetapkan dalam pleno kali ini DPTHP 2 sejumlah 1.309.338 dengan rincian laki-laki 650.283 dan perempuan 659.055. (rud)