Xiaomi Mi Mix 4 Pro

Kastara.ID, Jakarta – Xiaomi baru saja mendaftarkan paten produk smartphone dengan kamera bawah layar (in-display atau under display), yang kabarnya bakal disematkan pada ponsel highend Xiaomi Mi Mix 4.

Paten itu menunjukkan teknologi kamera bawah layar itu berjudul “Struktur Layar dan Perangkat Elektronikā€, yang tersembunyi di bawah layar ponsel dan tidak memakan tempat di layar.

Pengaturan dimungkinkan karena layar memiliki piksel yang dapat dikontrol secara independen. Piksel layar akan meredup ketika kamera aktif. Dengan demikian tampilan di layar atas kamera tidak akan menghalangi ketika akan mengambil foto, seperti dikutip GizmoChina.

Presiden Senior Xiaomi Wang Xiang mencuitkan sejumlah paparan yang menjelaskan tentang teknologi kamera bawah layar ini pada juni 2019. Ia menjelaskan kalau layar yang ditempatkan di atas kamera menggunakan teknologi lapisan kaca khusus. Lapisan kaca ini punya daya pantul rendah dan transmisi tinggi.

Dengan teknologi ini, layar bagian atas kamera akan menjadi transparan ketika kamera aktif. Selain itu, layar ini juga bisa digunakan sebagai lensa tambahan pada kamera.

Xiaomi menyebut dengan teknologi penyamaran di bawah layar kamera depan bisa makin canggih.

Pemanufaktur kamera bisa memnyematkan sensor layar yang lebih besar untuk kamera depan. Tanpa harus terintimidasi untuk menjaga lensa depan sekecil mungkin. Sehingga kualitas kamera depan bisa lebih baik, seperti dikutip The Verge. (rfr)