KPU Serahkan 20 Soal Debat Kepada TKN Kedua Paslon

Calon Tunggal

Kastara.ID, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyerahkan 20 soal debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 kepada Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno.

“Saya pikir tidak ada alasan untuk menunda-nunda penyerahan soal,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi di kantornya, Jumat (11/1).

Menurut Pramono, 20 soal tersebut sebagai bentuk kisi-kisi kepada kedua pasangan calon (paslon) capres-cawapres, dan bukan soal pilihan ganda. “Ini soal bukan multiple choice, dan bukan juga soal yang menuntut hafalan,” tegasnya.

Pramono mengungkapkan, tujuan utama debat capres-cawapres adalah mendalami visi, misi dan program masing-masing paslon. “Supaya semua visi dan misi para calon pemimpin bisa tersampaikan dan diterima oleh masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga:  Kemungkinan Ketua KPK dan Ketua Komnas HAM Tak Hadiri Debat Capres

Sebelumnya, Ketua KPU RI Arief Budiman menegaskan, debat mendatang justru lebih interaktif bagi masing-masing pasangan capres-cawapres. Arief mengatakan, secara total ada enam segmen dalam debat pertama capres-cawapres pada 17 Januari 2019.

“Tapi intinya empat segmen saling berlangsung debat secara berimbang. Jadi bukan hanya menjawab soal yang diberikan secara langsung oleh moderator,” paparnya. (rya)