Calon Tunggal

Kastara.ID, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyerahkan 20 soal debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 kepada Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno.

“Saya pikir tidak ada alasan untuk menunda-nunda penyerahan soal,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Pramono Ubaid Tanthowi di kantornya, Jumat (11/1).

Menurut Pramono, 20 soal tersebut sebagai bentuk kisi-kisi kepada kedua pasangan calon (paslon) capres-cawapres, dan bukan soal pilihan ganda. “Ini soal bukan multiple choice, dan bukan juga soal yang menuntut hafalan,” tegasnya.

Pramono mengungkapkan, tujuan utama debat capres-cawapres adalah mendalami visi, misi dan program masing-masing paslon. “Supaya semua visi dan misi para calon pemimpin bisa tersampaikan dan diterima oleh masyarakat,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Arief Budiman menegaskan, debat mendatang justru lebih interaktif bagi masing-masing pasangan capres-cawapres. Arief mengatakan, secara total ada enam segmen dalam debat pertama capres-cawapres pada 17 Januari 2019.

“Tapi intinya empat segmen saling berlangsung debat secara berimbang. Jadi bukan hanya menjawab soal yang diberikan secara langsung oleh moderator,” paparnya. (rya)