Garuda Select

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 24 pemain muda yang terpilih dalam program Garuda Select menjalani orientasi sebagai persiapan menjelang keberangkatan mereka ke Inggris. Mereka mendapatkan berbagai materi bahasan sebagai bekal menjalani program latihan dalam lima bulan ke depan.

Pemain yang mengikuti program Garuda Select ini sebagian besar adalah mereka yang pernah tergabung dalam skuat timnas U-16. Program Garuda Select merupakan kolaborasi antara PSSI dengan SuperSoccerTV. Kerja sama ini berdurasi sepuluh tahun, yang akan dimanfaatkan untuk memberi pengalaman dan pengetahuan kepada pemain-pemain muda serta pelatih.

Bagi PSSI, program ini juga sekaligus lanjutan dari kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2018. PSSI pada tahun 2017 meluncurkan Filanesia, meluncurkan Elite Pro Academy. PSSI memulainya dari U-16.

Pada program ini, Dennise Wise ditunjuk sebagai direktur program dan Des Walker bakal menjadi pelatih dari tim Garuda Select ini. Pencarian pemain dilakukan dua sosok tersebut lewat program Super Soccer TV Elite Pro Academy U-16 tahun lalu, yang diikuti 18 klub Liga 1. Untuk pelatih, PSSI mempercayakan Bima Sakti, Gde Mahatma, Ilham Romadona, dan Sopian Hadi untuk mendampingi tim.

David Maulana, eks kapten tim berjuluk Garuda Asia itu, mengatakan sangat menikmati program ini. “Saya dan teman-teman sangat menyukai program ini, meski kami sedang merasa lelah. Namun para mentor dengan cekatan bisa mengubah mood sehingga kami menikmatinya. Kami diberikan pengetahuan mengenai negara tujuan kami, yaitu Inggris. Kami juga diminta mentor untuk memprediksi keinginan kami di masa depan,” kata David.

“Bagi saya, ini kesempatan langka untuk bisa mendapatkan pengalaman menempa ilmu sepak bola di sana,” lanjutnya.

Hal serupa diamini oleh teman-temannya yang lain. Mereka sepakat akan memanfaatkan program ini sebaik-baiknya. “Saya akan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya di Inggris. Kami mendapatkan gambaran apa yang akan kami lakukan untuk masa depan kami di sana oleh para mentor, ini luar biasa. Saya dan mungkin teman-teman yang lain sudah tidak sabar untuk ke sana,” kata kiper Ernando Ari.

Rencananya mereka direncanakan akan berangkat ke Inggris, tanggal 15 Januari 2019.

Berikut daftar 24 nama pemain Garuda Select yang akan ke Inggris:

Kiper
1. Ahludz Dzikri Fikri, Persib
2. Risky Muhammad Sudirman, Persija
3. Ernando Ary Sutaryadi, Persebaya

Belakang
4. Amiruddin Bagas Kaffa, Barito Putera
5. Kartika Vedhayanto Putra, PPLP Jateng
6. Liba Valentino, Perseru
7. Mochamad Yudha Febrian, Barito Putera
8. Muhammad Reza Fauzan, Aceh
9. Komang Teguh Trisnanda, Diklat Ragunan
10. Fadilah Nur Rahman, Diklat Ragunan
11. Vito Rendy Candra, Persebaya
12. Muhammad Salman Alfarizi, Diklat Ragunan

Tengah
13. Brylian Negiehta Dwiki Aldama, Persebaya
14. David Maulana, Barito Putera
15. Sandi Arta Samosir, PSMS Medan
16. Alif Zaelani, Barito Putera
17. Andre Oktaviansyah, PS Tira
18. Braif Fatari, Papua
19. Mochammad Supriadi, Diklat Ragunan
20. Yadi Mulyadi, Persib
21. Muhammad Fajar Fathur Rachman, Persib

Depan
22. Amiruddin Bagus Kahfi, Barito Putera
23. Sutan Diego Zico, Persija
24. Amanar Abdillah, Persib (lan)