Kastara.ID, Nduga – Seorang anggota kepolisian Bharatu Luki terkena tembakan di bagian paha pada insiden di salah satu Pos Keamanan di kawasan Bandara Kenyam, Nduga, Papua, Sabtu (11/1) pagi waktu setempat.

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, korban langsung dievakuasi ke Timika menggunakan helikopter dan saat ini dalam perawatan dan dalam kondisi sadar. “Tadi pagi ada kejadian, ini bukan baku tembak tetapi mereka menembak anggota kami,” kata Paulus Waterpauw.

Paulus mengatakan bahwa tim kepolisian, langsung melakukan pengejaran. Ia menyebut saat ini terdapat lebih dari dua kompi pasukan atau lebih dari 200 personel yang disiagakan.

Ia pun lantas menuding pelaku dari penyerangan tersebut berasal dari kelompok Egianus Kogoya. Meski tak menjelaskan alasan dan bukti tuduhan, ia meyakini pelaku dari kelompok tersebut. Ketika dikonfirmasi ulang, Paulus meyakini “100 persen” bahwa kelompok tersebut yang melakukan aksi penembakan.

Serangan ini merupakan yang pertama pada 2020. Sebelumnya pada Desember 2019 ia menyebut terjadi pula hal serupa. Itu sebab ia meminta tokoh masyarakat di Papua turut mendamaikan kondisi ini. (yan)