Pusyankeswannak

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak (Pusyankeswannak) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Ragunan, Jakarta Selatan, melayani pemeriksaan hewan peliharaan milik warga terdampak banjir, Sabtu (11/1).

Kepala UPT Pusyankeswannak Renova Ida Siahaan mengatakan, pihaknya telah melayani hewan peliharaan yang berasal dari 13 pemilik. Menurutnya masing-masing hewan memiliki keluhan stres saat banjir.

“Dari pukul 09.00 hingga 11.00 kami melayani 12 pemilik kucing dan satu pemilik kura-kura. Hewan tersebut kita beri suntikan multivitamin dan antibiotik, untuk mereka yang alami flu dan kurang nafsu makan,” ujar Renova.

Ia menjelaskan, kendala yang dihadapi saat melakukan penanganan adalah perilaku hewan peliharaan yang susah bersikap tenang.

“Sifat stres bagi hewan seperti kucing peliharaan adalah susah diam, cenderung agresif meskipun sedang bersama pemiliknya. Namun pemilik hewan juga mau berkooperatif, sehingga bisa ditangani,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Selatan Herawati menjelaskan, layanan ini untuk memfasilitasi warga DKI Jakarta pemilik hewan peliharaan yang terdampak banjir beberapa lalu. Ada empat dokter hewan yang dikerahkan hari ini.

“Syaratnya membawa KTP DKI. Warga yang datang dari Jagakarsa, Pancoran, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak (Pusyankeswannak) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, Ragunan, Jakarta Selatan, melayani pemeriksaan hewan peliharaan milik warga terdampak banjir, Sabtu (11/1).

Sementara Ari, warga Kelurahan Lebak Bulus mengapresiasi pelayanan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini.

“Begitu pelayanan ini buka hari ini, saya langsung membawanya ke Puskeswan karema tidak ingin kucing saya agresif terus. Saya berterima kasih sudah diberikan pelayanan gratis, terutama untuk antibiotiknya,” tandasnya. (hop)