Sriwijaya Air

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin meminta pemerintah lebih memperhatikan dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan transportasi penerbangan. Hal itu dikatakan Azis pasca-peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang mengangkut 62 penumpang beserta kru maskapai, Sabtu (9/1).

“Belum lama peristiwa Lion Air di Karawang, saat ini maskapai Sriwijaya, ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk lebih serius memprioritaskan keselamatan para penumpang di bidang transportasi udara,” kata Azis dalam siaran persnya, Senin (11/1).

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu berharap pemerintah dapat bersikap tegas terhadap maskapai jika terbukti melakukan kelalaian dan berharap peristiwa serupa tidak terulang kembali dalam dunia penerbangan Indonesia.

Azis meminta pihak maskapai dapat mengevaluasi dan melakukan pembelajaran dari peristiwa penyebab jatuhnya pesawat dengan mengacu hasil investigasi resmi yang dilakukan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). “Pilot dan teknisi penerbangan ke depan dapat memperhatikan kerusakan atau masalah apa saja yang sering menjadi salah satu penyebab jatuhnya pesawat,” ujar Azis.

Politisi Partai Golkar itu menilai perkembangan teknologi akan mempermudah dengan selalu melakukan pemeliharaan secara berkala. Selain itu, menurut Azis, regulator dunia penerbangan juga perlu memperhatikan agar semua maskapai secara sungguh-sungguh menjalankan standar operasional prosedur (SOP), bahkan kalau perlu diaudit. (rso)