Kiat Bijak Gunakan Wifi di Tempat Umum

wifi

Kastara.ID, Jakarta – Hati-hati menggunakan peralatan elektronik pertukaran data nirkabel (wifi) di tempat umum, karena berpotensi menjadi sasaran empuk serangan siber.

“Di cafe kopi biasanya ada wifi, sebaiknya jangan digunakan demi keamanan diri sendiri,” ujar Pakar Keamanan Siber Yohanes Syailendra Kotualubun di Jakarta pekan lalu.

Pengguna ponsel pintar, kata dia, jika terpaksa menggunakan wifi tersebut, pakailah untuk kegiatan pencarian saja. Diusahakan jauhi penggunaan wifi untuk keperluan mengakses media sosial, transaksi digital, dan transaksi bank.

Biasanya, ada oknum peretas yang mengintai aktivitas pengguna ponsel pintar, jika ada pengguna yang menggunakan wifi di tempat umum. Setiap aktivitas pengguna ponsel di dunia maya dapat diketahui seluruhnya oleh oknum peretas.

“Saya temukan modus seperti itu di tempat umum yang menyediakan peralatan wifi,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, pengguna harus memperhatikan perubahan di mesin pencari, artinya bila terindikasi ada larangan pada mesin pencari segera putuskan hubungan internet. Hal itu, menandakan kegiatan pengguna ponsel di dunia maya sedang diawasi oleh oknum peretas untuk mengambil keuntungan sepihak.

“Jangan lakukan transaksi apa pun lewat ponsel kalau lihat merah jangan lakukan transaksi,” imbuhnya. (rfr)