Pulau Wisata Sejarah

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta kembali membuka destinasi wisata sejarah Taman Arkeologi Onrust yang terdiri dari Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Cipir mulai 11 Februari 2021.

Kepala Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta, Berkah Shadaya mengatakan, pembukaan kembali Taman Arkeologi Onrust untuk umum ini menindaklanjuti Keputusan Gubernur Nomor 107 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro.

“Kami juga mengacu Keputusan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Nomor 87 Tahun 2021 tentang Pengaturan Operasional Museum dan Gedung Pertunjukkan Seni Budaya di Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro, serta SK Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 123 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro Pada Sektor Usaha Pariwisata,” ujarnya, Kamis (11/2).

Menurutnya, aktivitas wisata di Taman Arkeologi Onrust tetap harus mematuhi protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan COVID-19. Jumlah pengunjung juga masih dibatasi hingga maksimal hanya 50 persen dari kapasitas.

“Pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Kemudian, membayar tiket dengan cara non-tunai serta mengisi data pengunjung dalam buku tamu atau sistem informasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, Taman Arkeologi Onrust dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. (hop)