Badan Musyawarah Perguruan Swasta

Kastara.id, Depok – Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Depok terus berupaya menguatkan dan mengadvokasi para penyelenggara sekolah dalam mendukung pembangunan karakter lewat pendidikan di sekolah. Hal itu diungkapkan Ketua BMPS Kota Depok Acep Al Azhari kepada Kastara.ID di Depok, Minggu (11/3).

Menurut Acep, peran BMPS semakin penting di tengah sorotan terkait pembangunan karakter melalui jalur pendidikan di sekolah yang sudah seharusnya dilakukan secara sungguh-sungguh. “BMPS melihat penguatan terhadap karakter Spirituality, Leadership, dan Entreprenurship harus segera dirumuskan agar bisa menjadi panduan yang sistematis dan terstruktur,” ujarnya.

Acep mengakui, akibat pembangunan karakter yang belum terstruktur, maka perilaku yang tidak menyenangkan, baik dari peserta didik maupun dari guru yang bersangkutan, sering muncul di tengah-tengah proses belajar mengajar. Sehingga sering berujung pada kasus hukum dan sudah banyak contoh yang kasusnya sampai ke pengadilan.

Hal lain yang menjadi pertimbangan dan perhatian BMPS untuk mengadvokasi para penyelenggara sekolah swasta, khususnya di Kota Depok, Acep kerap mendapat laporan adanya sekolah yang sering mendapat gangguan dari pihak eksternal. “Ditambah dengan kebijakan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru, Red) yang belum memihak ke sekolah swasta. Juga dengan munculnya praktik komersialisasi dan politisasi yang jelas-jelas merugikan baik perorangan maupun secara kelembagaan,” jelasnya.

Untuk mengakomodir sejumlah persoalan yang dihadapi sekaligus mengadvokasi para penyelenggara sekolah swasta, saat ini BMPS sedang membangun kemitraan yang kuat, baik dengan pemerintahan, Disdik, serta bersinergi dengan Dewan Pendidikan, PGRI, ahli parenting, ahli IT, dan stakeholder lainnya, termasuk dengan media. “Ya, kemitraan ini sedang berproses,” ungkap Acep.

Dengan berbagai upaya tersebut, ke depannya Acep berharap Depok mampu menjadi kota yang unggul, nyaman, dan religius, serta bisa selaras dengan proses pembangunan karakter di setiap sekolah dan juga dalam lingkup keluarga. (*)

Reporter/Foto: Rudi Irwanto/Kastara.ID
Editor: Dwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *