Uji Emisi Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 260 pemilik kendaraan menikmati layanan layanan uji emisi gratis yang digelar Dinas Lingkungan Hidup DKI di GOR Pulogadung, Jalan Pemuda Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur (10/3).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Asep Kuswanto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan layanan vaksinasi COVID-19 yang diadakan Pemprov DKI bersama dengan TNI, Polri, dan Tv One.

“Sasaran uji emisi ini adalah mobil penumpang perseorangan dan sepeda motor. Tujuannya untuk meningkatkan ketaatan pemilik kendaraan bermotor terhadap kewajiban melakukan uji emisi gas buang kendaraan bermotor,” bebernya.

Dia mengungkapkan, pada hari ini tercatat ada 260 kendaraan yang terdiri dari 115 mobil dan 145 unit motor yang mengikuti uji emisi.

“Kendaraan yang tidak lulus uji emisi diminta untuk melakukan servis mesin di bengkel resmi terdekat,” ucapnya.

Kasi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup DKI, Tiyana Brotoadi menambahkan, untuk memberikan layanan uji emisi gratis ini pihaknya mengerahkan 30 petugas berikut tujuh unit alat uji emisi.

“Kendaraan yang uji emisi ini telah didata dan pelaksanaannya diatur untuk menghindari penumpukan kendaraan,” tukasnya.

Selama 2021 kemarin, ungkap Tiyana, kendaraan baik mobil penumpang perseorangan maupun sepeda motor yang sudah menjalan uji emisi sebanyak 482.027 atau sebesar 4,5 persen dari jumlah kendaraan yang ada di Ibukota.

“Di Jakarta ada 393 bengkel dengan jumlah teknisi 970 orang, telah lakukan uji emisi,” tandasnya. (hop)