Kastara.id, Depok – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat Angkatan XVIII secara resmi dibuka Oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris di Gedung Perpustakaan, Balai Kota Depok, Rabu (11/4).

Kepada seluruh wartawan baik media cetak, elektronik, dan online, khususnya yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), diharapkan dapat menjadi wartawan yang profesional dalam bertugas di lapangan. Sehingga dapat membantu mensukseskan program pembangunan dan lainnya.

“Saya yakin wartawan yang mengikuti UKW di Depok bakal mampu meningkatkan profesiobal kerja sehari hari, ” ujar Wali Kota Depok Muhammad Idris saat pembukaan.

Wali Kota Depok yang didampingi Kepala Diskominfo Kota Depok M. Sidik,  memberikan dukungan dan apresiasinya terhadap kinerja PWI Perwakilan Kota Depok yang mampu menyelenggarakan Uji kompetensi wartawan Apalagi kegiatan UKW tersebut sangat berguna bagi wartawan dalam memahami UU No.40/1999.

“Outputnya adalah profesionalisme dan memahami batas kewenangan dan kelayakan wartawan itu sendiri. Kemudian memiliki pemahaman dan persepsi yang sama dengan aparatur pemerintah daerah di Kota Depok,” tambahnya.

Idris juga berharap semua peserta UKW nantinya bisa meningkatkan kinerja sebagai wartawan yang profesional untuk kemajuan pembangunan, khususnya di Kota Depok.

Ketua PWI Jabar Mirza Zulhadi yang ikut hadir mengatakan, kegiatan UKW ini sangat penting bagi kalangan profesi wartawan atau jurnalis. UKW ini bertujuan agar wartawan memiliki komptensi yang baik dalam bidang keilmuan serta kode etik jurnalistik.

“Kami memang berharap seluruh wartawan di kabupaten dan kota se-Jabar secepatnya akan mengikuti UKW, khususnya wartawan anggota PWI, ” kata Mirza.

Menurut Mirza, seluruh wartawan peserta UKW ini nantinya juga akan memperoleh sertifikat kelayakan dalam menjalankan profesi sebagai wartawan yang berkompetensi.

Sedangkan Ketua Panitia UKW angkatan ke XVIII, Firza Ratory, mengatakan bahwa UKW ini diikuti sekitar 47 orang wartawan media cetak dan online dari Kota Depok, Bekasi, Kota Tangsel, Bogor, dan Semarang. PWI Perwakilan Kota Depok menggelar kegiatan UKW angkatan ke XVIII Provinsi Jawa Barat selama dua hari yaitu 11 dan 12 April 2018, di Aula Gedung Perpustakaan, Balai Kota Depok. (*)

Reporter/Foto: Rudi Irwanto-Kastara.ID
Editor: Dwi