Ramadan

Kastara.ID, Jakarta – Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, menggelar aksi bersih-bersih di area masjid, Ahad (11/4). Kegiatan itu melibatkan 96 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Lurah Semper Timur Cahyo Hudoyo mengatakan, aksi bersih-bersih yang dikemas dalam kegiatan ‘Gerebek Masjid’ ini dilakukan serentak di 11 masjid yang tersebar di 11 RW.

“Ini kan menjelang Ramadan, jadi kita bersihkan sekaligus merawat masjid agar memberikan keanyamanan bagi masyaraat yang beribadah,” ujar Cahyo.

Aksi bersih-bersih yang dilakukan yakni dengan membersihkan seluruh area baik di dalam maupun di luar masjid serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Sebetulnya aksi bersih-bersih ini rutin kami lakukan setiap Jumat pagi. Berhubung sebentar lagi memasuki bulan Ramadan, hari ini kami lakukan kembali aksi bersih-bersih ini,” katanya.

Dikatakan Cahyo, selama bulan Ramadan nanti, warga diperbolehkan melaksanakan kegiatan salat tarawih namun tetap wajib menerapkan protokol kesehatan ketat seperti, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Pengurus masjid juga diwajibkan menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya.

“Yang paling penting juga yakni pembatasan kehadiran jumlah jemaah di masjid yakni sebesar 50 persen dari kapasitas masjid,” tandasnya. (hop)