M. Sandy Hermawan

Kastara.ID, Jakarta – Libur Hari Raya Idul Fitri banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkunjung ke objek-objek wisata. Tak terkecuali di wilayah DKI Jakarta khususnya di Kepulauan Seribu yang menjadi salah satu pilihan tempat destinasi wisata bahari.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menghabiskan waktu liburannya di Kepulauan Seribu. Imbasnya terjadi peningkatan jumlah penumpang yang naik kapal menuju pulau-pulau wilayah Kepulauan Seribu.

Seperti yang terlihat di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, yang terkenal dengan jembatan cintanya. Nampak para penumpang memadati kapal-kapal yang baru sandar di dermaga Pulau Tidung.

Karena itu, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan khususnya terkait dengan keselamatan pelayaran, Kapolres Kepulauan Seribu AKBP M. Sandy Hermawan turun langsung untuk memberikan imbauan keselamatan penumpang selama berlayar menuju Kepulauan Seribu maupun sekembalinya dari Pulau Seribu.

“Kami lakukan imbauan-imbauan terkait dengan keselamatan penumpang selama berada di kapal. Seperti menaati aturan-aturan yang berlaku, tidak duduk maupun berdiri di pinggir kapal karena membahayakan penumpang itu sendiri,” ujar Kapolres Kepulauan Seribu.

Selain memberikan imbauan ke para penumpang, Kapolres juga memberikan imbauan ke kapten kapal dan ABK kapal.

“Kami juga ingatkan kepada para kapten kapal dan ABK-nya agar menyediakan sarana keselamatan pelayaran. Jumah lifejacket harus sesuai dengan jumlah penumpang, jangan melebihi kapasitas angkut kapal,” tuturnya.

“Dan yang tidak kalah pentingnya adalah faktor cuaca, bila cuaca tidak mendukung untuk melakukan pelayaran hendaknya menunda keberangkatan sampai cuaca benar-benar aman,” tandasnya. (hop)