Ancol

Kastara.ID, Jakarta – Kawasan wisata terpadu Taman Impian Jaya Ancol bersiap dibuka kembali pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi mulai Sabtu, 20 Juni 2020.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali mengatakan, pihaknya akan membuka kembali operasional kawasan wisata terpadu Ancol disertai penerapan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah di masa penerapan PSBB Transisi.

“Penerapan protokol kesehatan bertujuan agar semua pihak agar aktivitas liburan bisa dinikmati secara aman dan nyaman. Terlebih, kami juga akan memberikan diskon bagi pengunjung selama bulan Juni 2020,” ujarnya (10/6).

Ia mengungkapkan, peraturan baru yang diberlakukan di kawasan wisata terpadu Ancol mengusung semangat Senang Selamat Bareng-Bareng atau SSBB.

“Seluruh pihak yang menjadi bagian kawasan wisata Ancol baik pengunjung, karyawan, petugas serta mitra memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan satu sama lain demi kebaikan bersama,” ungkapnya.

Teuku menjelaskan, beberapa aturan penting yang diatur di dalam SSBB Ancol di antaranya pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas normal, ibu hamil, serta anak usia di bawah lima tahun dan lansia tidak diizinkan berekreasi di kawasan wisata terpadu Ancol.

“Kami tidak membuka layanan penjualan tiket di loket. Pengunjung dapat membeli tiket melalui daring atau online yang dibuka mulai tanggal 13 Juni mendatang. Pengunjung juga wajib melakukan reservasi sebelum berkunjung ke Ancol,” ungkapnya.

Pengelola, lanjut Teuku, juga akan menyiapkan sejumlah aturan sesuai protokol kesehatan seperti, pemeriksaan suhu tubuh bagi pengunjung di pintu gerbang dan unit rekreasi Ancol dan menggunakan menggunakan masker selama berada di kawasan wisata terpadu Ancol.

“Ada juga pengaturan jaga jarak fisik antar pengunjung juga diberlakukan di semua area dengan jarak 1,5 hingga 2 meter serta penyemprotan desinfektan secara berkala di kawasan wisata terpadu Ancol,” bebernya.

Ia menambahkan, unit rekreasi di kawasan wisata terpadu Ancol akan dibuka secara bertahap yakni tahap awal kawasan Pantai Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, dan Sea World Ancol, serta restoran di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort. Sementara unit rekreasi lainnya di antaranya Atlantis Water Adventures dibuka pada tahap selanjutnya.

“Dalam masa PSBB transisi juga berlaku penyesuaian jam operasional yakni Pintu Gerbang Utama dan kawasan Pantai dibuka mulai pukul 06.00 sampai 20.00, Dunia Fantasi mulai pukul 10.00 hingga 18.00, serta Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol dibuka mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Jam operasional ini berlaku Senin sampai Minggu dan juga hari libur nasional,” ucapnya.

Ia menambahkan, calon pengunjung juga diharapkan dapat menaati protokol kesehatan yang ditetapkan dan mempersiapkan diri dengan membawa peralatan pribadi di antaranya alat makan serta alat ibadah dan hand sanitizer bila diperlukan setiap saat.

“Kami berkomitmen tetap dapat menjaga kebersihan dan higienitas seluruh wahana atau pun prasarana umum di dalam kawasan rekreasi. Penambahan fasilitas cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer serta melakukan pembersihan dengan disinfektan akan rutin dilakukan,” tandasnya. (hop)