KKB Papua

Kastara.ID, Jakarta – Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, kontak tembak kembali terjadi antara aparat TNI-Polri dengan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Dalam kejadian tersebut, aparat TNI-Polri menembak tiga anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen di Kampung Eromaga, Distrik Ilaga.

“Kontak tembak tersebut mengakibatkan tiga Pasukan KKB terkena tembakan. Informasi dari masyarakat dan hasil pantauan drone,” kata Iqbal (10/6).

Iqbal mengatakan, polisi telah mengidentifikasi dua anggota KKB yang tertembak itu bernama Tinggiter dan Manis. Sementara satu anggota KKB lain yang meninggal dunia atas nama Keminus Murib.

“Kelompok teroris KKB ini sudah semakin terdesak,” klaimnya.

Sebagai informasi, KKB adalah sebutan dari aparat TNI-Polri terhadap kelompok milisi dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Iqbal menegaskan, aparat akan terus melakukan upaya penegakan hukum di wilayah paling timur Indonesia tersebut. Diketahui, dalam beberapa waktu terakhir konflik bersenjata di Papua tengah memanas.

Menurutnya, penegakan hukum tak hanya dilakukan kepada kelompok separatis pejuang kemerdekaan Papua yang melakukan serangan kriminal bersenjata, juga terhadap penyebar hoaks, upaya itu juga akan dilakukan.

“Negara tidak akan kalah dengan segelintir orang dengan hasrat politik yang menumbalkan masyarakat sipil dan menyebar teror di Provinsi Papua Indonesia.” ujar Iqbal. (ant)