Kastara.id, Jakarta – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Workshop Tunas Sistem dan Budaya Integritas, dengan harapan agar tercipta sistem  Integritas Nasional dalam rangka pemberantasan korupsi.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengungkapkan, menyedihkan bagi kita semua jika mendengar dan melihat beberapa pejabat di Kementerian/Lembaga, serta Bupati, Wali kota yang sampai tertangkap pada Operasi Tangkap Tangan (OTT). “Maka semua Kementerian dan Lembaga, harus dengan baik menjaga institusi dan tata kelola Universitas maupun Pemerintahdengan baik,” katanya di Jakarta, Selasa (11/7).

Ia menjelaskan, ada empat elemen utama yang harus diperhatikan oleh pengelola manajemen dan keuangan Negara, yaitu Transparency, Fairness, Accountability dan Responsibility. Selain itu organisasi yang ada pada Institusi atau Perguruan Tinggi, juga jadi perhatian Menristekdikti. Organisasi menurutnya, harus independen antara struktur organisasi dengan hal lain yang berbau Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Menristekdikti juga sangat mengapresiasi Perguruan Tinggi yang sudah mempunyai kajian anti korupsi. “Semoga kegiatan ini diharapkan mampu mendorong kinerja anti korupsi menjadi lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Semoga setiap insan yang hadir mempunyai komitmen untuk memberantas tindakan korupsi, dimulai dari diri sendiri dan menyebarkan budaya baik dan integritas tinggi kepada masyarakat sekitarnya, juga semua pilar-pilar penting yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adapun tujuan kegiatan ini agar terciptanya sumber daya manusia yang memiliki budaya kerja, dibangun diatas landasan komitmen yang tinggi, disertai semangat untuk memajukan bangsa, melalui pelaksanaan tugas dan fungsi yang lepas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Kegiatan ini diikuti oleh 41 orang yang terdiri pejabat Eselon I, II, dan beberapa pimpinan PTN.  Aktivitas juga meliputi penandatangan Komitmen integritas, dari Menristekdikti, para Eselon I dan II, serta perwakilan beberapa PTN. (nad)