Headline

Satgas Yonif 641 Bantu Korban Banjir di Entikong

Kastara.ID, Sanggau – Meringankan beban korban banjir bandang yang terjadi Rabu (8/7) akibat hujan lebat di Kecamatan Entikong, Satgas Yonif R 641/Bru memberikan bantuan sembako kepada warga Dusun Nekan dan Dusun Gramajaya yang terdampak banjir tersebut.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif R 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Sanggau, Kalbar, Jumat (10/7).

Dikatakannya, hujan lebat yang melanda wilayah Kecamatan Entikong tersebut, mengakibatkan jebolnya bendungan penampungan air minum warga akibat tanah longsor di daerah hulu, dan mengakibatkan banjir bandang di Dusun Nekan dan Dusun Gramajaya, Desa Nekan, di kecamatan tersebut.

“Sebanyak 253 kepala keluarga dengan penduduk 875 jiwa terdampak oleh bencana banjir bandang ini,” kata Kukuh.

“Untuk membantu meringankan beban korban, kita (Satgas) memberikan bantuan sembako berupa beras, mie instan, telur dan susu guna melalui posko banjir di Kantor Desa Nekan,” lanjutnya.

Banjir bandang yang membawa material lainnya, seperti kayu dan lumpur tersebut, mengakibatkan kerugian materil harta benda yang tidak sempat diselamatkan, dan beberapa bangunan rumah warga jebol diterjang banjir.

“Warga menderita kerugian materil, namun tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir bandang ini,” ujar Kukuh.

Selain itu banjir bandang ini juga merusak prasarana umum seperti putusnya dua jembatan yang menghubungkan Dusun Nekan dengan Dusun Gramajaya dan jembatan yang di Desa Nekan menuju Dusun Pontikapau.

“Juga menyebabkan putusnya jaringan pipa air bersih ke lingkungan warga. Untuk mengatasi kebutuhan air bersih ini, kita gunakan truk tangki air Satgas yang membawa air bersih dari PLBN Entikong untuk warga,” ucapnya.

Menurut Dansatgas, koordinasi antar aparat dalam penanganan bencana di Entikong sudah baik dan berjalan lancar, sehingga penanganan dan pemberian bantuan kepada korban banjir dapat dilakukan dengan cepat.

“Terima kasih atas kerja sama semua pihak, sehingga penanganan dan bantuan kepada korban banjir berjalan dengan cepat dan lancar. Semoga dapat membantu dan meringankan beban dari warga yang terkena banjir ini,” pungkasnya. (wepe)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…