Headline

Pengadilan di Italia: Yerusalem Bukan Ibukota Israel

Kastara.ID, Jakarta – Suatu pengadilan di Italia memutuskan bahwa Yerusalem bukan ibu kota Israel. Dalam putusan yang dibacakan pada (5/8), Pengadilan Roma memenangkan dua organisasi pro-Palestina Italia yang bersengketa melawan perusahaan penyiaran publik nasional RAI.

“Negara Italia tidak mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel,” kata hakim Cecilia Pratesi seperti dilansir CNN Indonesia, Selasa (11/8).

Pengadilan menegaskan, resolusi PBB harus dianggap sebagai hukum konvensional yang berlaku dalam sistem hukum Italia.

“Sudah diketahui umum bahwa pada 21 Desember 2017, Italia mendukung Resolusi Majelis Umum PBB yang menolak keputusan AS untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel,” kata hakim.

Diketahui, kasus ini berawal dari polemik dalam acara kuis di stasiun televisi Italia L’Eredità” pada 20 Mei lalu. Ketika itu salah satu peserta ditanya apa ibukota Israel. Kemudian dia menjawab “Tel Aviv” dan dianggap salah. Pembawa acara Flavio Insinna lantas menyebut jawaban yang benar adalah “Yerusalem.

“Insiden tersebut memicu perdebatan publik di Italia. Selama ini kebijakan luar negeri Italia tetap konsisten dengan hukum internasional, yang tidak mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Pada 5 Juni, pembawa acara, Insinna, mencoba meredam kontroversi tersebut dengan memberikan pernyataan yang salah satunya mengatakan ada pandangan berbeda tentang masalah tersebut.

Kendati demikian, Asosiasi Palestina di Italia dan Asosiasi Solidaritas Rakyat Palestina tidak puas dengan pernyataan tersebut. Mereka lantas membawa kasus ini ke pengadilan. (har)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…