PUTRI

 

Kastara.ID, Jakarta – Untuk mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya, kolaborasi sangat penting dilakukan dalam setiap pelaksanaan pembangunan Kota Jakarta. Salah satunya dalam sektor pariwisata yang merupakan salah satu tulang punggung ekonomi di Kota Jakarta.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat menghadiri acara  pembukaan Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (Musda DPD PUTRI) DKI Jakarta Tahun 2022 yang bertajuk “Kolaborasi Membangun Destinasi Wisata dan Ekonomi Kreatif Kota Jakarta”.

Wagub Ariza berharap PUTRI sebagai organisasi kepariwisataan dapat meningkatkan kolaborasi dalam mewujudkan Kota Jakarta sebagai ‘Destinasi Pariwisata Global’. Pembangunan dunia pariwisata juga memerlukan kolaborasi antar pelaku usaha sektor pariwisata. Tantangan pengelolaan wisata bukan pada persaingan antar Taman Rekreasi Domestik, tetapi bagaimana secara bersama-sama dapat berperan dalam menarik para wisatawan baik lokal maupun global.

“Saya mewakili Pak Gubernur mengapresiasi terlaksananya Musda DPD Putri DKI Jakarta. Jakarta primadona pariwisata yang unggul di Asia. Saya memahami dan mengerti betapa beratnya peran Bapak/Ibu semua memimpin kepariwisataan. Sektor pariwisata paling terdampak pandemi. Ini tantangan besar di bidang ekonomi. Kita memahami dan mengerti betapa sektor pariwisata sangat penting,” kata Wagub Ariza di Multi Purpose Hall (MPH) Putri Duyung, Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Pemerinta Provinsi DKI Jakarta (10/8).

Maka diperlukan organisasi kepariwisataan seperti PUTRI untuk menyusun strategi dan sinergi antar destinasi wisata melalui konsep paket wisata ‘long stay’.

“Dengan berhimpun di PUTRI, para pelaku pengelola Taman Rekreasi dapat menghindari kondisi saling rebutan dan melemahkan. Saya meyakini bahwa wisata bukan zero sum game, semua pihak harus menang dan bersinergi,” terang Wagub Ariza.

Di samping itu, ia juga menekankan pentingnya penguatan terhadap potensi pengembangan destinasi pariwisata, potensi pembangunan pemasaran pariwisata, industri pariwisata, dan kelembagaan kepariwisataan. Selain itu, pembangunan pariwisata haruslah berbasis pemberdayaan masyarakat yang mengadopsi sistem yang utuh dan berkelanjutan.

Sehingga berbagai strategi dibutuhkan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata. Di antaranya strategi dalam menciptakan Taman Rekreasi di Indonesia, khusunya di Kota Jakarta yang membuat pengunjung senang, tertarik dan terkesan. Bahkan, setelah kembali ke rumah mereka masih terkenang, baik dengan hiburannya maupun unsur edukasinya.

“Kawasan wisata perlu didukung tempat-tempat lainnya; makanan, minuman, cafe yang menarik. Di zaman medsos digital kita harus mampu menarik perhatian. Kita harus bersama-sama dapat berperan menarik wisatawan lokal maupun global. Kami di Jakarta sedang mengembangkan Pulau Seribu dengan konsep seribu pulau yang sedang disusun. Mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu yang terbaik di dunia, luar biasa, tidak kalah dengan Bali. Hal ini sedang diupayakan menjadi program strategis nasional,” ujar Wagub Ariza.

Saat ini pun, sudah banyak sudut Kota Jakarta yang dianggap “instagramable”, dan layak dikunjungi. Ini adalah modal besar yang bisa dimanfaatkan oleh PUTRI untuk menjadikan Kota Jakarta sebagai tujuan wisata lokal maupun internasional terkemuka di Indonesia. PUTRI sangat berperan besar dalam memajukan dunia pariwisata di Indonesia. Sekaligus merupakan asosiasi pariwisata yang mengemban misi menjadikan Indonesia sebagai primadona pariwisata yang unggul se-Asia.

Pada kesempatan itu, Wagub Ariza juga berharap penyelenggaraan Munas DPD PUTRI Tahun 2022 ini selain bisa berjalan dengan lancar, bisa pula menjadi momentum besar bagi kerja besar meningkatkan dunia pariwisata di DKI Jakarta ini. Semoga di kepengurusan yang baru nanti, peran DPD PUTRI dapat terus meningkat dan mewarnai kebangkitan dunia pariwisata di DKI Jakarta.

“Terima kasih DPD PUTRI yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk citra dan kemajuan pariwisata Kota Jakarta. Atas nama Pemprov DKI Jakarta, saya menyambut baik Musda DPD PUTRI tahun 2022 ini. Saya juga menyambut baik kegiatan talkshow yang diikuti oleh GIPI, ARKI, Pemerhati Pariwisata, GOERS dan PT Telkom Indonesia,” pungkasnya. (hop)