Parasite

Kastara.ID, Jakarta – ‘Parasite‘, film Korea Selatan berhasil mengantongi nilai sempurna dari para kritikus di Amerika Serikat (AS). Film ini baru tayang di AS pada 11 Oktober 2019 waktu setempat.

Berdasarkan situs agregator Rotten Tomatoes, tercatat 25 ulasan kritikus dari berbagai media per Jumat (11/10), film pemenang Palme d’Or Cannes Film Festival 2019 tersebut mendapatkan nilai 100 persen alias tak ada yang memberikan ulasan buruk.

Perolehan angka film Parasite ini bahkan lebih tinggi dari film peraih Piala Oscar Best Picture 2018, Green Book yang hanya mendapatkan nilai 75 persen, atau Joker yang mendapat banyak pujian tapi hanya mendapatkan nilai 69 persen.

Rotten Tomatoes, melansir perolehan Parasite ini juga lebih tinggi dari film peraih Piala Oscar untuk International Feature, Roma karya Alfonso Cuaron yang mendulang nilai 96 persen, serta film The Peanut Butter Falcon yang tercatat bernilai 95 persen.

Stephanie Zacharek dari Time bahkan memberikan nilai tertinggi. Menurutnya, film ini siap menggema di seluruh dunia dan mengisahkan sebuah cerita yang mungkin bisa diikuti tanpa subtitle atau dialog apa pun karena raut muka pada aktor ini menunjukkan kejelasan yang tajam bagaimana rasanya menjadi orang pencilan di dunia yang penuh orang kaya dan keistimewaan.

Dalam Metacritic, nilai Parasite ini unggul tipis dari film karya Christopher Nolan, Dunkirk yang mendapatkan nilai 94, dari Inside Out juga mendapatkan nilai 94.

Kemenangan tersebut berdampak pada rasa penasaran penonton yang terus meninggi soal film ini.

Parasite mengisahkan kehidupan keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho), seorang supir cabutan yang menikah dengan istrinya Choong Sook (Jang Hye-jin) bersama dua anak mereka yang sudah berusia belasan tahun di sebuah apartemen bawah tanah yang tak layak huni.

Mereka semua pengangguran, bahkan memenuhi kebutuhan hidup mereka menggantungkan diri pada pendapatan kecil dari melipat kotak pizza. Namun suatu hari, kesempatan untuk mengubah nasib datang meskipun harus menjadi parasit bagi keluarga lain.

Film Parasite dibintangi oleh aktor kenamaan Korea Selatan, Song Kang-ho yang memerankan sosok Kim Ki-taek, lalu ada Jang Hye-jin sebagai Choong-sook, Choi Woo-shik sebagai Kim Ki-woo, dan Park So-dam sebagai Kim Ki-jung.

Selain mereka, film ini juga dibintangi Lee Sun-kyun sebagai Tuan Park, Cho Yeo-jeong sebagai Yeon-kyo, Jung Ji-so sebagai Park Da-hye, dan Jung Hyun-joon sebagai Park Da-song.

Film Parasite sempat menjadi jawara di box office selama dua pekan pertama penayangannya dan telah menjual sembilan juta tiket dengan pendapatan US$ 67 juta, hanya di Korea Selatan.

Sementara di Indonesia, film Parasite telah dirilis sejak 24 Juni. Meski telah turun layar, Parasite kini tayang kembali di Korea Indonesia Film Festival 2019. (nad)