MotoGP Prancis 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Le Mans – Pembalap Mission Winnow Ducati Danilo Petrucci akhirnya menjuarai MotoGP Prancis 2020 dalam balapan hujan penuh drama dan kejutan, Ahad (11/10) siang waktu setempat.

Petrucci menuntaskan balapan di Le Mans sepanjang 27 lap. Posisi finis kedua diamankan rookie Repsol Honda Alex Marquez yang finis lebih lambat +1.273 detik.

Sedangkan pembalap Red Bull KTM Factory Racing Pol Espargaro yang akan menggantikan Alex di Repsol Honda musim depan berhasil mengamankan podum ketiga.

Sementara Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) dan pembalap tuan rumah Johann Zarco (Reale Avintia Ducati) harus puas finis lima besar.

Dalam balapan kali ini, pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi langsung terjatuh di tikungan ketiga sirkuit Bugatti – Le Mans, sesaat setelah lampu start dipadamkan. Rossi kehilangan kendali atas motornya ketika semua pembalap berebut posisi terdepan.

Sayangnya Rossi terjatuh dan menyeret pembalap Aleix Espargaro, Joan Mir dan Maverick Vinales melebar keluar lintasan. Beruntung, mereka semua masih bisa mempertahankan motor dan melanjutkan balapan.

Rossi yang meluncur di lintasan licin kesulitan menghidupkan kembali mesin M1nya, ia harus rela keluar balapan bahkan sebelum menuntaskan satu lap. Ini menjadi kecelakaan ketiga beruntun bagi Rossi setelah Misano 2 dan Catalunya.

Balapan di MotoGP Prancis akhir pekan ini terbilang sangat rumit dan menyibukkan, karena tiga menit jelang balapan, para pembalap harus mengganti ban mereka untuk balapan basah, yang sebelumnya sudah bersiap dengan ban kering.

Hasil Lengkap Race MotoGP Le Mans, Prancis 2020

  1. Danilo Petrucci, Mission Winnow Ducati
  2. Alex Marquez, Repsol Honda
  3. Pol Espargaro, Red Bull KTM Factory Racing
  4. Andrea Dovizioso, Mission Winnow Ducati
  5. Johann Zarco, Reale Avintia Ducati
  6. Miguel Oliveira, Red Bull KTM Tech3
  7. Takaaki Nakagami, LCR Honda IDEMITSU
  8. Fabio Quartararo, Petronas Yamaha SRT
  9. Stefan Bradl, Repsol Honda
  10. Joan Mir, Suzuki Ecstar
  11. Maverick Vinales, Monster Energy Yamaha
  12. Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
  13. Francesco Bagnaia, Pramac Ducati
  14. Aleix Espargaro, Aprilia Racing Team Gresini
  15. Iker Lecuona, Red Bull KTM Tech3
    DNF
    Alex Rins, Suzuki Ecstar
    Jack Miller, Pramac Ducati
    Tito Rabat, Reale Avintia Ducati
    Cal Crutchlow, LCR Honda CASTROL
    Franco Morbidelli, Petronas Yamaha SRT
    Bradley Smith, Aprilia Racing Team Gresini
    Valentino Rossi, Monster Energy Yamaha. (tra)