Fokus Depok

Rienova Serry Donie : Pemerintah Daerah Harus Melakukan Operasi Pasar dan Penyaluran Bansos

Kastara.ID,Depok – Anggota DPRD Depok Rienova Serry Donie menyarankan masyarakat melakukan diversifikasi pagan atau mencari alternatif lain ketika bahan pokok seperti harga beras naik. “Jadi tidak hanya satu bahan pokok dikonsumsi. Bisa konsumsi umbi-umbian seperti kentang  ubi  singkong, dan lainya yang bisa diolah,” kata Rienova Serry Donie di Depok.

Masih kata Rienova Serry Donie tidak hanya mengandalkan beras sebagai pangan pokok sehari-hari.
Menurutnya beberapa jenis beras banyak mengandung gula dan itu kurang bagus bagi kesehatan tubuh. Lebih lanjut masih banyak bahan pokok pangan pengganti beras yang menyehatkan.

Makanan pengganti beras menurut saya lebih sehat. Namun banyak yang bilang makan apapun kalau belum ketemu nasi bilangnya belum makan. Tapi kita harus terbiasa. “Bahan lainnya juga bisa dikomsumsi seperti jagung, sorgum, dan sagu.

Lebih lanjut Rienova Serry Donie menambahkan umbi-umbian bisa diproduksi menjadi bolu, lapis, roti, keripik yang memiliki rasa enak, lezat juga banyak kandungan gizi. “Makanan umbi-umbian bisa dijadikan panganan dengan memiliki kadar protein yang cukup tinggi dibandingkan beras,” tuturnya.

Rienova Serry Donie mengatakan harga beras naik karena banyak faktor salah satu seperti banyak di daerah gagal panen kondisi cuaca atau iklim. Selain itu stok beras nasional kurang mencukupi.  Maka dari itu perlu langkah startegis untuk mengurangi beban masyarakat khususnya bagi Pemerintah Kota Depok.

“Perlu ada langkah-langkah startegis menangani harga beras sehingga bisa membantu meringankan beban masyarakat,” kata Rienova Serry Donie.

Rienova Serry Donie menyarankan pemerintah daerah melakukan operasi pasar dan penyaluran bansos untuk menekan harga beras di pasaran. “Peningkatan cadangan pangan pemerintah dan penyaluran bantuan pangan melalui Bulog akan sangat membantu,” tuturnya.

Lalu untuk menjaga stabil stok pangan nasional Pemerintah perlu membuka lahan pertanian di daerah. Langkah tersebut kata Rienova Serry Donie untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

“Negara kita sudah ada program food estate itu kan itu bentuk keseriusan pemerintah terhadap ketahanan pangan,” tuturnya.
Lebih lanjut ia sejalan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang memiliki komitmen kuat dan serius dalam mengatasi masalah ketahanan pangan di Indonesia.

“Pak Prabowo punya pandangan di sektor pertanian dan pangan, itu kan  merupakan kekuatan pertahanan negara juga,” kata Rienova Serry Donie Selain itu dengan program tersebut menurutnya dapat melindungi lahan pertanian, petani, dan para petani dapat  diperhatikan oleh pemerintah.

Lebih lanjut ia menyarankan juga memberi kemudahan fasilitas pertanian bergaya modern, membuka sekolah berbasis pertanian, dan mengajak masyarakat edukasi. “Perlu juga memberikan perhatian ke  petani dengan pemberian intensif,” tutupnya.

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…