Kastara.id, Valencia – Balapan Grand Final MotoGP berlangsung besok di Valencia, Minggu, 12 November. Namun 110.000 tiket MotoGP Valencia sudah ludes tejual. Salah satu faktornya karena besarnya antusias penonton ingin menyaksikan langsung perebutan gelar juara dunia, antara lokal hero alias pebalap tuan rumah Marc Marquez (repsol Honda) dan jagoan Italia Andrea Dovizioso (Ducati Team).

Sementara gelar kelas Moto3 sudah diamankan oleh Joar Mir di seri Australia lalu dan gelar Moto2 oleh Franco Morbidelli di seri Malaysia pekan kemarin.

Marquez yang untuk sementara unggul 21 poin di puncak klasemen sementara, memiliki peluang lebih besar menjadi juara dunia. Kondisi ini membuat penonton tuan rumah pasti akan sangat menantikan aksinya.

Sekadar catatan, sebanyak 63% penonton di MotoGP Valencia berasal dari Iberia, 37% akan datang dari luar negeri, termasuk Italia.

Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia sangat terkenal dan menarik, karena untuk kelas para raja, penentuan gelar juara dunia kerap ditentukan di Valencia. Seperti tahun 2015 ketika duel duo pebalap tim Yamaha Movistar, di mana Jorge Lorenzo berhasil menggulingkan Valentino Rossi dalam perebutan gelar dengan posisi Lorenzo unggul lima poin sebelum balapan berlangsung.

Demikian pula pada tahun 2006, saat Rosi jatuh dan Nicky Hayden secara mengejutkan keluar sebagai juara dunia walau dengan jumlah kemenangan lebih sedikit.

Dan musim balapan tahun ini, seri MotoGP Valencia kembali menghadirkan ketegangan antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso, dua pebalap yang sama-sama telah meraih kemenangan enam seri di musim ini.

Patut dinanti siapa yang akhirnya mampu mengunci gelar Juara Dunia MotoGP musim 2017. (dwi)

MotoGP Valencia 2017