Piala AFC U19 2020

Kastara.ID, Jakarta – Indonesia akhirnya lolos ke babak final Piala AFC U19 2020, setelah bermain imbang 1-1 melawan DPR Korea dalam laga terakhir kualifikasi Grup K, yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Ahad (10/11).

Bagus Kahfi mencetak gol penyeimbang melalui titik putih, setelah lawan terlebih dahulu menggetarkan jala gawang yang dijaga oleh Ernando Ari. Kedua tim memulai laga dengan permainan terbuka, mereka mencoba saling membongkar pertahanan lawan masing-masing.

Bermain di bawah tekanan pendukung tuan rumah, tak membuat gentar kesebelasan DPR Korea. Mereka justru membuat pendukung Indonesia terdiam sejenak lewat gol dari tendangan keras Kim Kwang Chong di menit ke-40. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tak dapat dijangkau Ernando.

Indonesia mencoba bangkit, beberapa kesempatan dibuat David Maulana dan kawan-kawan, namun tak kunjung bisa mengecoh dan menggetarkan gawan yang dijaga kiper lawan, Sin Kwang Guk, yang tampil cukup cekatan. Dirinya mampu menahan tendangan dari Beckham Nugraha dan Bagus Kahfi. Skor 1-0 untuk keunggulan DPR Korea bertahan hingga turun minum.

Memulai babak kedua, pelatih kepala tim, Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain, Supriadi masuk menggantikan Serdy, berikutnya Theo Numberi keluar digantikan Brylian Aldama.

Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah adanya pelanggaran kepada Bagus Kahfi. Eksekusi penalti yang tenang dari Bagus mampu memperdaya Kwang Guk, laga menjadi 1-1. Setelah skor imbang, tak ada indikasi bahwa Indonesia mengendurkan serangan, demi imbang.

 

Tak ada kata menyerah untuk lawan yang juga butuh kemenangan, di pengujung laga hampir saja ada gol ke gawang Indonesia, karena salah komunikasi antara Rizky Ridho dan Ernando.

Lima menit babak tambahan, akhirnya tidak ada gol tambahan terjadi. Indonesia masih mampu menciptakan sejumlah peluang sebenarnya, tapi tidak ada yang berujung gol, dan hasil imbang pun sudah cukup untuk lolos.

Akhirnya, Indonesia menutup kualifikasi dengan total tujuh poin, hasil dua menang, satu imbang. (sud)