Robert C. Norris

Kastara.ID, Jakarta – Seorang pria yang terkenal karena sebagai bintang iklan rokok asal Amerika Serikat (AS) dikabarkan meninggal dunia di usia 90 tahun.

Untuk diketahui, meski menjadi bintang rokok, Robert C. Norris ternyata tidak merokok, bertolak belakang dengan aksinya sebagai bintang iklan Marlboro selama lebih dari satu dekade.

Ia mengembuskan napas terakhir pada Ahad (3/11) saat dalam perawatan di rumah sakit Pikes Peak Hospice di Colorado Springs, Colorado.

Norris adalah seorang pemilik peternakan ratusan hektar di Colorado Spring, disebut T-Cross Ranch yang kemudian menjadi ‘rumah’ bagi 150 ekor kuda dan lebih dari ribuan pasang sapi dan anak sapi. Tak hanya satu, Norris akhirnya mendirikan perternakan kedua di Arizona.

Awal perannya sebagai bintang iklan dimulai dari kecintaannya pada hewan-hewan ternak. Bersama rekannya, John Wayne, foto keduanya di peternakan dikabarkan tayang di media cetak setempat, yang kemudian menarik perhatian pihak Marlboro untuk menjadikan mereka sebagai bintang iklan rokok pada 1955.

Profesor Scott Ellsworth, seorang dosen dari Universitas Michigan dan mantan sejarahwan di Smithsonian Institution, melakukan hampir 60 wawancara dengan mantan bintang iklan rokok lain dan menyimpulkan Norris adalah sosok paling sukses di dunia. (nad)