ILC

Kastara.ID, Jakarta – Acara talkshow di tvOne, Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (10/11) mendadak dibatalkan. Padahal acara yang biasa tayang pada Selasa malam pukul 20.00 WIB itu bakal mengusung tema tentang kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS).

Pembatalan terungkap setelah salah satu narasumber yang sedianya diundang, Fadli Zon mencuitkan pernyataan di akun twitternya, @fadlizon. Dalam cuitannya Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra ini mengatakan dirinya tengah berada di Bandung mengisi acara Focus Group Discussion (FGD). Saat itulah tim dari ILC menghubunginya dan meminta menjadi narasumber.

Namun saat dalam perjalanan menuju Jakarta, Fadli mendapat kabar acara ILC mendadak dibatalkan. Fadli pun mempetanyakan kepada Presiden ILC Karni Ilyas. Melalui akun twitter @karniilyas, Fadli menanyakan alasan pembatalan mendadak salah satu acara yang mempunyai banyak penggemar itu.

Fadli menduga pembatalan terkait dengan tema yang diangkat, yakni tentang kepulangan HRS dari Arab Saudi. Anggota Komisi II DPR ini menduga ada ‘telepon ghaib’ yang membuat ILC mendadak dibatalkan.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid melalui akun twitternya @hnurwahid menyayangkan pembatalan tersebut. Pasalnya kepulangan HRS berlangsung aman, tertib, dan damai. Politisi PKS ini menyebut tidak ada anarki dan represi saat HRS tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten.

Menurut Hidayat, hal itu sudah sesuai dengan harapan yang disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD. Sambil me-mention ke akun twitter @mohmahfud, Hidayat mempertanyakan apakah telepon ghoib itu berasal dari alien.

Hidayat juga mempertanyakan bagaimana juga masa depan kebebasan dan kedaulatan pers dalam praktik demokrasi. (ant)