Posyandu

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris hari ini menerima kunjungan tim verifikasi lapangan Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. Kota Depok berhasil masuk enam besar pada perlombaan tersebut bersaing dengan Kota Bandung, Cimahi, Cirebon, Sukabumi, dan Bogor.

“Kami hari ini menerima tim verifikasi lapangan untuk lomba Posyandu se-Jawa Barat. Alhamdulillah, Depok sudah masuk enam besar kategori kota, tinggal nanti lihat verifikasinya seperti apa untuk peringkatnya,” ujar Mohammad Idris di Ruang Bougenvile, Lantai 1, Balai Kota, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis (11/11).

Mohammad Idris mengatakan, Kota Depok sendiri sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan lomba Posyandu di tingkat nasional. Dia pun mengungkapkan, tidak memiliki target khusus pada perlombaan kali ini dan menyerahkan seluruh penilaian kepada tim verifikasi.

“Kita serahkan kepada tim verifikasi, kita realistis saja, normatif, kalau memang Tuhan sudah memantaskan Depok jadi juara ya jadi juara, enggak bisa ada penghalang. Kita serahkan kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, lewat tangan dan mata pengamatan dari tim penilai,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut juga diinformasikan jika Kota Depok dipastikan mendapat penghargaan Posyandu Award tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan kepada kepala daerah atas komitmennya dalam hal revitalisasi Posyandu.

Sementara Ketua Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, Raden Julianto menuturkan, hasil yang diharapkan dari perlombaan ini adalah untuk memotivasi Kelompok Kerja Opersional (Pokjanal) Posyandu sebagai garda terdepan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Peningkatan IPM baik dari sisi kesehatan, pendidikan serta ekonomi.

“Intinya kita mendorong kabupaten atau kota untuk sama-sama melakukan revitalisasi Posyandu Jabar juara, yang intinya sudah ada di Kota Depok,” ungkapnya. (dha)