Color of Jakarta 2019

Kastar.ID, Jakarta – Color of Jakarta 2019 telah melahirkan 15 pemenang baru dari lima kategori yang dikompetisikan yaitu Humans of Jakarta, Photo Story, Jakarta at Night, Cityscape and Landmark, serta Travelling in Jakarta.

Ajang lomba fotografi dan video tahunan yang dihelat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini berhasil mengumpulkan 627 karya foto dan video dalam kurun waktu sekitar satu bulan, mulai 19 Oktober hingga 24 November 2019.

Proses penjurian melibatkan Dewan Juri yang terdiri dari tiga orang fotografer dan blogger profesional yaitu Arbain Rambey (Senior Photographer Kompas), Barry Kusuma (Travel Photographer dan Blogger), dan Mast Irham (European Pressphoto Agency Chief Photographer).

Hadiah lomba diserahkan Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Nuruning Septarida, pada Rabu (11/12) di Lantai Dua, Gedung F, Balaikota Jakarta.

Dalam sambutannya, Nuruning mengatakan, lomba ini dilaksanakan untuk mendekatkan diri dengan komunitas fotografi dan videografi sekaligus menjaring partisipasi masyarakat untuk menghasilkan karya-karya terbaik dan segar yang tidak hanya menampilkan keindahan Jakarta tetapi juga keunikan serta realitas yang hadir di tengah kota.

Para pemenang lomba setiap kategori mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp 15 juta untuk juara pertama, Rp 10 juta untuk juara kedua, dan Rp 8 juta rupiah untuk juara ketiga.

“Hasil dari lomba ini selain kami pamerkan di Balaikota juga akan dibukukan dan dijadikan sebagai materi promosi Kota Jakarta,” ujar Nuruning, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Rabu (11/12).

Tampil sebagai pemenang untuk kategori Humans of Jakarta, juara pertama diraih Satriawan, juara kedua Faezal Kunta Widjaya, dan juara ketiga Tody Maulifa Erlangga. Sedangkan untuk kategori Photo Story juara pertamanya Agustinus Eko Widyanto, juara kedua La Ode Mz Sakti, dan Fanyanto Eko Cahyo sebagai juara ketiga.

Juara pertama untuk kategori Jakarta at Night diraih Yogi Rahma Syukri, juara kedua Albertus Adi, dan juara ketiga Firdaus Ginting. Sementara untuk pemenang pertama kategori Cityscape and Landmark diraih Jati Mahatmaji, pemenang keduanya Ahmad Nu Rofiq, dan pemenang ketiga Muhammad Mabrur Huda.

Untuk kategori Travelling in Jakarta juara pertama Febriant Abby Marcel, juara kedua Ismi Khumairoh Iskandar, dan juara ketiga Dimas Prasetyo.

Color of Jakarta adalah kompetisi tahunan yang dilaksanakan untuk memperkenalkan berbagai sisi kota di Jakarta. Selain itu, mendorong masyarakat luas melihat secara langsung perkembangan Jakarta melalui karya foto dan video, sekaligus sebagai bentuk dokumentasi kota Jakarta. (hop)