Pilkada Pacitan 2020

Kastara.ID, Jakarta – Keponakan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Indrata Nur Bayu Aji unggul telak di Pilkada Pacitan 2020 dalam perhitungan sementara Sirekap di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Indrata yang berpasangan dengan Gagarin sementara mengumpulkan 74,8 persen suara atau sebanyak 132.118 suara. Sementara lawannya, pasangan Yudi Sumbogo-Isyah Ansori baru memperoleh 44.555 suara. Perolehan itu setara dengan 25,2 persen dari suara yang telah masuk.

Per 13.00 WIB, Sirekap telah menerima data rekapitulasi suara dari 757 tempat pemungutan suara (TPS) di Pacitan. Artinya, baru 58,28 persen suara yang sudah masuk dalam sistem.

Diketahui, pasangan Indrata-Gagarin diusung oleh Demokrat, Golkar, PPP, Gerindra, Nasdem, PKS, dan Hanura. Adapun Yudi-Isyah diusung oleh PDIP dan PKB.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani telah mengklaim partainya memenangi empat dari sembilan Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Pilkada Serentak 2020.

Kamhar merinci, empat Pilgub yang dimenangkan Demokrat antara lain Pilgub Kalimantan Selatan (Kalsel), Pilgub Kalimantan Utara (Kaltara), Pilgub Bengkulu, serta Pilgub Sulawesi Tengah (Sulteng).

Demokrat juga meraih beberapa kemenangan di Pilkada tingkat kabupaten atau kota, di antaranya satu dari empat di Banten, empat dari tujuh di Jawa Barat (Jabar), 11 dari 19 di Jawa Timur, dan 11 dari 14 di Jawa Tengah.

Kemudian tiga dari empat di Maluku, tiga dari empat di Sulawesi Barat (Sulbar), tujuh dari 12 Pilkada di Sulawesi Selatan (Sulsel), dua dari tiga di Gorontalo, dan empat dari delapan di Sulteng. (ant)