Piala Presiden 2018

Kastara.id, Jakarta – Turnamen Sepakbola Piala Presiden 2018 siap digelar untuk ketiga kalinya. Turnamen yang akan diikuti oleh 20 klub ini akan dihelat di lima kota sekaligus yaitu di Bandung, Malang, Surabaya, Gianyar-Bali, dan Balikpapan. Hal ini disampaikan penyelenggara dalam konferensi pers di ruang Tambora Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (12/1).

Turnamen yang akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 16 Januari 2018 mendatang di Stadion Bandung Lautan Api (GBLA) kemudian dilanjutkan dengan pertandingan perdana yang mempertemukan Persib Bandung melawan Sriwijaya FC. Setelah itu akan dilangsungkan 40 pertandingan hingga babak final di mana babak pamungkas akan digelar 17 Februari 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Turnamen ini diharapkan bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai pihak dari segi teknis, klub, dan juga dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia berupa hiburan yang berkualitas dan ekonomi kerakyatan yang ikut tersentuh.

“Sementara untuk pembagian groupnya dibuat seideal mungkin dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti status tuan rumah, prestasi tim pada kompetisi terakhir, goegrafis, dan kepentingan komersial,” kata Maruar Sirait, Ketua Steering Commitee Piala Presiden 2018.

Hal ini pun disambut baik oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi. Menurutnya, hajatan rutin ini akan menjadi salah satu agenda yang tepat untuk membantu pembinaan sepakbola Indonesia. “Turnamen ini diharapkan juga dapat menggairahkan sepakbola sebagai industri yang menggerakan ekonomi nasional,” ujar Edy menambahkan.

Pada kesempatan yang sama juga diadakan penandatanganan antara pihak penyelenggara Piala Presiden 2018 dengan pihak EMTEK Group yang untuk ketiga kalinya berpartisipasi mendukung kejayaan sepak bola tanah air. Sementara stasiun televisi Indosiar sebagai official broadcaster akan menayangkan sebanyak 33 dari 40 pertandingan yang terdiri dari 23 pertandingan babak penyisihan, empat pertandingan babak perempat final, empat pertandingan babak semi final dan dua pertandingan di babak final.

Masyarakat juga dapat mengakses jalannya pertandingan melalui portal online di bawah naungan EMTEK Group pada situs Bola.com dan Liputan6.com. (koes)