Kartu Pekerja

Kastara.id, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meluncurkan Kartu Pekerja bagi ribuan buruh berpenghasilan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (12/1). Program ini merupakan bentuk keberpihakan dan upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi buruh dengan memberikan akses mengurangi biaya hidup di Jakarta.

“Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan buruh berpenghasilan UMP, Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta memberikan fasilitas berupa layanan Transjakarta gratis dan layanan untuk berbelanja di JakGrosir,” kata Sandiaga pada peluncuran kartu pekerja tersebut.

Disebutkan, JakGrosir sendiri merupakan tempat belanja secara grosir yang selama ini hanya melayani pegawai Pemprov DKI, karyawan PD Pasar Jaya, dan warga penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP). Dengan program Kartu Pekerja ini, fasilitas JakGrosir yang memiliki lebih dari 2000 macam item bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari nantinya dapat dinikmati oleh buruh berpenghasilan UMP.

Selain kedua fasilitas tersebut, buruh berpenghasilan UMP juga dapat mengikuti program subsidi pangan berupa pembelian bahan pokok yaitu daging sapi seharga Rp 35.000 per kg, daging ayam seharga Rp 8.000 per kg, beras seharga Rp 30.000 untuk 5 kg, dan telur ayam seharga Rp 12.500 per kg.

“Khusus untuk program subsidi pangan tersebut, para pekerja diharuskan membuka rekening di Bank DKI karena sistem pembelian non tunai atau cashless di lokasi pembelian pada pusat pendistribusian bahan pokok yang terdapat pada 72 pasar tardisional dan JakGrosir,” jelasnya.

Perlu diketahui, UMP DKI Jakarta 2018 sebesar Rp3.648.035 dan telah diumumkan sejak awal November 2017 lalu. Besaran UMP ini sendiri berdasarkan ketentuan peraturan pemerintah No. 78 Tahun 2015 tentang pengupahan, dan diputuskan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Peraturan Gubernur No. 182 Tahun 2017.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta Priyono menambahkan, telah membentuk sistem pendaftaran dan verifikasi bagi buruh yang mendapatkan kartu pekerja. Pada tahap pertama, terdapat 236 perusahaan yang mengajukan dengan total tenaga kerja sejumlah 25.514 orang. Setelah dilakukan verifikasi, terdapat 3.339 orang yang mendapatkan kartu pekerja, sehingga mendapatkan akses Transjakarta secara gratis dan subsidi maupun belanja di JakGrosir.

“Pada tahap kedua ini, terdapat 216 perusahaan yang mengajukan dengan jumlah tenaga kerja 20.112 orang sampai saat ini masih dalam proses verifikasi,” ungkapnya. (mufis)