Categories: Headline

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Pertama Kalinya Dibiayai APBD

Kastara.id, Balikpapan – Wakil Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Aji Mirza bersama anggota DPD lainnya tinjau progres pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Tol sepanjang 99.02 km yang menghubungkan kedua kota tersebut diperkirakan memakan biaya 6 triliun rupiah dengan skema pembiayaan APBN, APBD, dan Investor.

Aji Mirza dan senator lainnya menanyakan sejumlah pertanyaan mulai persoalan pembebasan lahan, skema pembiayaan dan progres pembangunan tol tersebut. “Satu-satunya jalan tol yang dibiayai oleh APBD belum ada daerah lain membangun tol dengan pola pembiayaan seperti ini,” kata Senator Kaltim tersebut di Balikpapan, Minggu (12/2).

Tol Balikpapan-Samarinda dibangun dalam lima seksi. Seksi I sepanjang 22,03 kilometer dari Balikpapan Km 13-Samboja, Seksi II 30,98 kilometer dari Samboja-Muara Jawa, dan Seksi III 17,3 kilometer dari Muara Jawa-Plaran. Kemudian Seksi IV sepanjang 17,95 kilometer dari Palaran-Samarinda dan terakhir Seksi V sepanjang 11,09 kilometer.

Proses konstruksi jalan tol ini dilakukan oleh tiga pihak yakni Seksi I dan Seksi V dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan Daerah, sementara Seksi II, III dan IV dikerjakan oleh investor PT Jasamarga Balikpapan Samarinda.

Anggota DPD yang turut meninjau pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda ini di antaranya Wakil Ketua Komite II Aji M. Mirza Wardana dan Anna Latuconsina, Tellie Gozelie, Djasarmen Purba, Dailami Firdaus, Afnan Hadikusumo, Ahmad Nawardi, Abdul Aziz Qahar Mudzakkar, Lalu Suhaimi Ismy, Rubaeti Erlita, Permana Sari, Habib Abdurrahman Bahasyim, Mamberob Y Rumakiek, Marthen, Matheus Stevi Pasemanjeku, Habib Ali Alwi, dan A. Syaifulloh Malonda. (septri)

Leave a Comment

Recent Posts

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…

Rombongan Pelajar SMK Lingga Kencana Depok Mengalami Kecelakaan di Kawasan Wisata Ciater

Kastara.Id,Depok - Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, bus rombongan SMK Lingga Kencana yang terguling…

Seluruh Biaya Perawatan Korban Kecelakaan Bus Pariwisata Ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

Kastara.Id,Depok - Seluruh biaya perawatan korban kecelakaan bus pariwisata yang mengangkut siswa SMK Lingga Kencana,…