Kastara.ID, Manila – Tim putra Indonesia memastikan posisi juara grup A Badminton Asia Team Championships 2020 usai menekuk Korea, dengan skor sementara 3-1. Anthony Sinisuka Ginting membuka jalan bagi tim dengan merebut poin pertama setelah mengalahkan Heo Kwang Hee, lewat laga rubber game, 24-22, 19-21, 21-16.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kemudian menambah keunggulan tim putra Indonesia menjadi 2-0. Pasangan rangking satu dunia tersebut menang straight game atas Choi Solgyu/Kim Won Ho, dengan skor 21-14, 21-16.

Jonatan Christie belum berhasil menyumbang kemenangan, ia dikalahkan Son Wan Ho, dengan skor 16-21, 25-27.

Kemenangan Indonesia ditentukan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun di partai keempat melawan Na Sung Seung/Wang Chan dengan skor 21-10, 21-14.

“Kami bersyukur bisa menyumbang angka. Di pertandingan tadi kami mencoba lebih berani dan tidak terpengaruh kekalahan Jonatan. Kami tetap yakin karena tim kami sudah unggul, kami berusaha fokus ke pertandingan,” kata Fajar usai pertandingan.

“Lawan kami adalah pemain muda, mereka masih membuat kesalahan sendiri di awal game. Sempat mepet poinnya, tapi kami bisa mengatasi,” tambah Rian seperti dilansir Badmintonindonesia.org.

“Kondisi lapangan memang licin, tapi kalau di ganda, beda dengan di tunggal yang pergerakannya jauh-jauh. Tadi kami langsung bermain menyerang dari awal permainan,” sebut Fajar.

Dua partai terakhir tetap akan dimainkan, walaupun tidak ada pengaruhnya bagi susunan klasemen grup karena grup A hanya terdiri dari dua negara saja. Otomatis Korea akan menjadi runner up grup.

Akan tetapi, pemain yang turun di BATC akan mendapatkan tambahan poin yang cukup besar untuk mendongkrak peringkat dunia mereka.

Saat berita ini diturunkan, Shesar Hiren Rhustavito tengah bertanding melawan Kim Dong Hoon di partai kelima. (tra)