Bansos

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendistribusikan 4.579 paket bantuan sosial (bansos) dalam periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada warga di 27 RW di Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pendistribusian paket bansos yang berisi komoditas bahan pokok, masker kain dan sabun ini dimonitoring langsung Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan diberikan secara simbolis kepada salah satu perwakilan warga RT 02/13, Pegangsaan Dua.

Pada kesempatan itu, Ali mengatakan, sesuai dengan aturan dalam PSBB, paket bansos ini selanjutnya akan didistribusikan secara door to door kepada warga melalui masing-masing pengurus RT.

“Sistem ini dilakukan untuk mencegah kerumunan atau antrean warga yang mendapatkan bantuan. Sehingga bisa mencegah penyebaran virus Covid-19 sesuai PSBB yang diberlakukan Pemprov DKI,” ujarnya di lokasi (11/4).

Ali mengungkapkan, selain di Kelurahan Pegangsaan Dua, hari ini paket bansos juga didistribusikan di Kelurahan Cilincing dan Rorotan. Jumlah bansos yang disalurkan di Kelurahan Cilincing sebanyak 8.227 paket dan Kelurahan Rorotan sebanyak 7.878 paket.

“Total bansos di tiga kelurahan ini berjumlah 20.684 paket. Hari ini juga semua paket bansos akan kita distribusikan ke para penerima,” katanya.

Sementara Lurah Pegangsaan Dua Suci Cintya Polaputri menyebutkan, 4.579 paket bansos ini akan didistribusikan ke 27 RW sebelum dibagikan ke 214 RT. Dalam paket bansos tersebut, warga mendapatkan lima kilogram beras, dua bungkus biskuit, dua masker kain, dua kaleng sarden, 0,9 liter minyak goreng dan dua batang sabun mandi.

“Secara umum, bansos didistribusikan bagi warga yang bekerja sebagai buruh dan pedagang kaki lima. Kami harap bansos ini dapat dimanfaatkan warga sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tandasnya. (hop)